Manajemen keuangan: Studi kualitatif tentang penggunaan keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Baroroh Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut

Rizal, Ahmad (2013) Manajemen keuangan: Studi kualitatif tentang penggunaan keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Baroroh Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Program perencanaan keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al-Baroroh Limbangan Garut. 2). Program penggunaan keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al-Baroroh Limbangan Garut. 3). Program evaluasi dan pertanggungjawaban dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al-Baroroh Limbangan Garut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi (Pengamatan), Dokumentasi, Interview. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalahan alisis deskriptif kualitatif. Pelaksanaan manajemen keuangan pendidikan meliputi perencanaan keuangan, pelaksanaan keuangan, evaluasi keuangan. Kegiatan perencanaan keuangan yang berupa penyusunan anggaran terdiri dari Perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah (RAPBM) dan pengembangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah (APBM). Kegiatan pelaksanaan pembiayaan pendidikan meliputi penerimaan dana dan pengeluaran dana. Adapun kegiatan manajemen keuangan pendidikan yang terakhir yaitu evaluasi berupa pemeriksaan merupakan pemeriksaan terhadap penerimaan dan pertanggungjawaban keuangan kepada pengawas keuangan madrasah. Sedangkan sumber keuangan yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Baroroh berasal dari bantuan-bantuan yang meliputi: bersumber dari yayasan, bersumber dari pemerintah, bersumber dari sumbangan sukarela berupa, sumbangan material dan sumbangan bangunan. Implikasi manajemen keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Baroroh Limbangan Garut dapat dilihat melalui pengalokasian dana pada RAPBM yaitu melalui pengalokasian dana untuk siswa berupa kegiatan ekstrakurikuler, pengalokasian dana untuk guru melalui peningkatan profesionalisme guru berupa gaji dan tunjangan, pengalokasian dana untuk sarana dan prasarana yaitu dengan cara penambahan fasilitas, perbaikan sarana dan pemeliharaan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Keuangan
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 24 Jun 2019 08:34
Last Modified: 24 Jan 2022 03:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21120

Actions (login required)

View Item View Item