Srimulyani, Dewi (2015) Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja: Studi deskriptif di Madrasah Aliyah Raudlatul Muta’allimin, Kecamatan Pacet Kabupataen Bandung Provinsi Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (992kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) jenis dan nilai karakter apa saja yang ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR di MA RM, (2) bagaimana proses kegiatan PMR di MA RM, (3) apa perbedaan perilaku sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR di MA RM, (4) apa indikator keberhasilan kegiatan PMR terhadap pembentukan karakter siswa/i MA RM, (5) apa kendala yang dihadapi dan solusinya dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan PMR. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui jenis dan nilai karakter apa saja yang ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR di MA RM, (2) untuk mengetahui proses kegiatan palang merah remaja di MA RM, (3) untuk mengetahui perbedaan perilaku sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR di MA RM, (4) untuk mengetahui indikator keberhasilan kegiatan PMR terhadap pembentukan karakter siswa/i di MA RM, (5) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan solusi dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan PMR MA RM. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah warga sekolah MA RM, yang terdiri dari : Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan dan para siswa yang aktif dalam kegiatan eskul PMR di MA RM. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisa data brbentuk kualitatif dan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dan cek ulang agar data yang terkumpul bisa dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian yang di peroleh adalah : (1) jenis dan nilai karakter yang ditanamkan melalui kegiatan eskul PMR di MA RM, (2) proses kegiatan eskul PMR di MA RM, (3) perbedaan perilaku sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan eskul PMR di MA RM, (4) indikator keberhasilan kegiatan PMR di MA RM, (5) kendala yang dihadapi dan solusi pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan eskul PMR di MA RM. Saran-saran ke pihak sekolah, yaitu : (1) melengkapi sarana dan prasarana yang sudah tersedia untuk mencapai pembelajaran yang maksimal, (2) kepada kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan sama-sama bertanggung jawab dalam pendidikan karakter, dan diharapkan bisa bersinergi dengan kegiatan eskul PMR karena didalamnya ada implementasi pendidikan karakter, (3) memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan eskul PMR.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter; Pendidikan Karakter; Implementasi Pendidikan Karakter |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 08:51 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 03:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21122 |
Actions (login required)
View Item |