Permberdayaan petani garam dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif tentang petani garam Dusun Plalangan, Desa Tlangoh, Kecamatan Tanjungbumi, Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur

Miski, Moh. (2019) Permberdayaan petani garam dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif tentang petani garam Dusun Plalangan, Desa Tlangoh, Kecamatan Tanjungbumi, Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (CAVER)
1_caver.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan petani garam sangatlah penting, supaya petambak garam dapat meningkatkan taraf kehidupannya menjadi lebih baik lagi. Dan memanfaatkan potensi yang ada menjadi sebuah kelebihan bagi petambak garam, dengan sumberdaya ekonomi yang berlimpah, dan potensi alamnya yang sangat mendukung tidak cukup kalau tidak disertai dengan program dan upaya-upaya yang bisa menjamin keberdayaan petani garam di Desa Tlangoh, sehingga hasilnya masyarakat bisa berdaya (mandiri). Tujuan penelitian ini adalah agar bisa mengetahui lebih dalam tentang program pemberdayaan serta upaya-upaya yang dilalakukan dan hasil dari pemberdayaan petani garam dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Berdasarkan tujuan penelitian di atas maka peneliti mengambil karangka berfikir tentang pemberdayaan dari Fredian Tony N pemberdayaan adalah bagaimana individu, kelompok, ataupun komunitas berusaha mengkontrol kehidupan mereka sendiri dan mengusahakan membentuk masa depan sesuai dengan keinginan mereka (mandiri), maka dari itu agar terbentuk pribadi yang mandiri perlu adanya pemberdayaan secara komonal (keseluruhan). Metode penelitian yang yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan sebagai prosedur dalam memecahkan masalah yang di teliti dengan memaparkan yang sebenarnya dari objek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitian ini adalah pendiri petani garam, pengurus, karyawan atau masyarakat, dan kepala Desa Tlangoh. Sebagai instrumen utama dalam penelitian ini dengan di bantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil peneltian menunjukan bahwa: 1). Pemberdayaan petani garam dalam menigkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan berbagai program pelatihan, bimbingan berwirausaha, kelengkapan sarana dan prasaran dll, 2). Upaya petani garam yang dilakukan untuk mendorong adanya peningkatan ekonomi masyarakat dengan meningkatkan sumberdaya manusia, memperkuat permodalan, meningkatkan manajemen usaha dan memperluas pemasaran dll, 3). Hasil pemberdayaan petani garam ialah 1). Mengurangi pengangguran, 2). Pendapatan garam meningkat, 3). Produksi garam meningkat (pemasaran), 4). Permodalan makin meningkat, sehingga menghasilkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi Meningkat; Kesejahteraan Masyarakat;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Moh. Miski
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:50
Last Modified: 27 Jun 2019 03:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21174

Actions (login required)

View Item View Item