Pemahaman siswa tentang surat Al Ishra ayat 23-24 hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah: Penelitian pada siswa kelas XI MA Al Falah Nagreg

Sayuswaty, Nasda Lita (2019) Pemahaman siswa tentang surat Al Ishra ayat 23-24 hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah: Penelitian pada siswa kelas XI MA Al Falah Nagreg. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di MA Al Falah Nagreg melalui observasi penulis tentang siswa yang memahami Al Qur’an surat Al Isra ayat 23-24 terkait akhlak dan juga perilaku menghormati orang tua dan guru, dalam materi ini guru hendaknya mampu memberikan pemahaman yang benar-benar dipahami oleh peserta didik sehingga peserta didik mampu mengaplikasikannya di rumah dan berhubungan baik dengan akhlak siswa di sekolah sehingga dapat dilihat melalui hasil penelitian ini, sejauh mana pemahaman, akhlak dan hubungan siswa terkait materi surat Al Isra ayat 23-24 serta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa kelas XI MA Al Falah Nagreg Bandung terhadap surat Al Isra ayat 23-24. Bagaimana akhlak siswa kelas XI MA Al Falah Nagreg Bandung. Bagaimana hubungan antara pemahaman siswa terhadap surat Al Isra ayat 23-24 dengan akhlak siswa kelas XI MA Al Falah Nagreg Bandung. Selanjutnya tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan dalam rumusan masalah. Penelitian ini berawal dari kajian teori Taksonomi Bloom bahwa pemahaman diartikan sebagai kemampuan untuk menyerap arti dari materi atau bahan yang dipelajari juga keobjektifan, sikap dan makna yang terkandung dalam suatu informasi dengan kata lain seorang siswa dapat mengubah suatu informasi yang ada dalam pikirannya ke dalam bentuk lain yang lebih berarti. Berdasarkan kajian tersebut maka pemahaman siswa tentang surat Al Isra ayat 23-24 ini mempunyai hubungan dengan akhlak siswa di sekolah yang mana semakin baik pemahaman siswa maka semakin baik pula akhlak siswa demikian juga sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan random sampling yang melibatkan 36 siswa kelas XI sekolah MA Al Falah Nagreg, sedangkan teknik pengumpulan data melalui tes, angket, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: 1) Pemahaman siswa kelas XI tentang surat Al Isra ayat 23-24 termasuk kategori baik karena nilai rata-rata dari hasil jawaban tes siswa berkualifikasi baik. .2) Akhlak siswa kelas XI di sekolah MA Al Falah Nagreg termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap surat Al Isra ayat 23-24 termasuk baik.3) Hubungan antara pemahaman siswa tentang surat Al Isra ayat 23-24 dengan akhlak siswa berkorelasi rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,236 yaitu termasuk kedalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemahaman;siswa
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nasda Lita Sayuswaty
Date Deposited: 28 Jun 2019 06:35
Last Modified: 28 Jun 2019 06:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21245

Actions (login required)

View Item View Item