Al Ghifari, Abdurrahman (2019) Pembelajaran dengan pendekatan Norma Sosiomatematik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa :Penelitian eksperimen terhadap Siswa Kelas XI SMAN 8 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (733kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMAN 8 Bandung. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah dengan menerapkan pendekatan norma sosiomatematik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan pendekatan norma sosiomatematik berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan pendekatan norma sosiomatematik dengan model konvensional. (b) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan pendekatan norma sosiomatematik dengan model konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (c) Siswa menunjukan hasil yang signifikan dari segi norma sosiomatematik berdasarkan kemampuan pemecahan masalah. (d) Siswa dan guru menunjukan hasil yang signifikan dari segi norma sosiomatematik terhadap aktivitas partisipasi siswa dan guru. Pembelajaran dengan pendekatan norma sosiomatematik melibatkan proses interaksi, temuan, dan adu gagasan sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Norma Sosiomatematik ; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | Education Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr al ghifari abdurrahman al ghifari |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 02:19 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 02:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21287 |
Actions (login required)
View Item |