Enkulturasi perilaku Religius dalam pengembangan Akhlak Peserta Didik: Penelitian di SMP Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat

Supriatna, Supriatna (2019) Enkulturasi perilaku Religius dalam pengembangan Akhlak Peserta Didik: Penelitian di SMP Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini berangkat dari sebuah keprihatinan dan sekaligus harapan. Mengapa di era globalisasi ini masalah dekadensi moral semakin meningkat, sehingga para orang tua semakin khawatir terhadap dampak negatif dari globalisasi. Yaitu semakin mudahnya nilai-nilai moral yang negatif mempengaruhi anak-anak didik baik melalui media cetak maupun elektronik, dan juga media online. Bahkan kita saksikan langsung dalam kehidupan nyata sekitar kehidupan kita seperti tawuran antar geng, tawuran antar sekolah, mengonsumsi miras atau narkoba, pemerkosaan, seks bebas, pencabulan, pencurian, dll. Dari beberapa contoh itu membuat kita sebagai insan pendidikan perihatin dengan masalah ini. Oleh karena itu diperlukan program pembudayaan perilaku religius untuk mengembangkan akhlak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui program enkulturasi perilaku religius dalam pengembangan akhlak peserta didik di SMP Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat; (2) mengetahui pelaksanaan program enkulturasi perilaku religius dalam pengembangan akhlak peserta didik di SMP Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat; (3) mengetahui evaluasi program enkulturasi perilaku religius dalam pengembangan akhlak peserta didik di SMP Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat; (4) mengetahui faktor pendukung dan penghambat program enkulturasi perilaku religius dalam pengembangan akhlak peserta didik di SMP Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat; (5) mengetahui hasil enkulturasi perilaku religius dalam pengembangan akhlak peserta didik di SMP Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun pengambilan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Program enkulturasi perilaku religius dalam pengembangan akhlak peserta didik diwujudkan dengan menggunakan metode pembiasaan melalui a) penerapan shalat dzuhur berjama’ah dan sholat duha berjama’ah yang dilakukan setiap hari ketika jam istirahat kedua; b). melalui pemberian motivasi oleh guru PAI: pemberian motivasi dilakukan baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik kepada peserta didik untuk selalu giat menjalankan ibadah sholat dan memberikan penilaian di setiap akhir pembelajaran; c) melalui pembinaan kedisiplinan, yaitu dengan memberikan peringatan/teguran secara lisan dan juga ancaman kepada peserta didik yang tidak menjalankan ibadah shalat secara berjama’ah di sekolah; (2). Pembudayaan perilaku religius dilakukan dalam istighosah dan dzikir, sedangkan pengembangan akhlak dilakukan dengan metode: a) demonstrasi, dasar guru PAI menggunakan metode tersebut agar peserta didik memiliki keberanian untuk tampil di masyarakat dan menjadi generasi siap pakai; b) mauidzah (nasehat), metode ini diterapkan karena guru PAI ingin peserta didik memiliki kesadaran akan pentingnya dzikir bagi kehidupan mereka; (3) Evaluasi program dilakukan dengan authentic assasment; (4) Keberhasilan program ini ditunjang oleh sarana yang memadai, namun kendalanya datang dari siswa yang tidak mondok dan guru non PAI yang kurang peduli terhadap perilaku indisipliner peserta didik; (5) Hasil dari program enkulturasi perilaku religius ini adalah terbinanya akhlak peserta didik dalam pergaulan di rumah, di sekolah dan di masyarakat. Berdasarkan penelitian ini direkomendasikan kepada pimpinan sekolah, guru PAI dan peneliti berikutnya untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap pembudayaan perilaku religius di sekolah. ARAB: مُلَخَّصُ الْبَحْثِ سوفرياتنا: تَثَقُّفُ السُّلُكِ الدِّيْنِيَّةِ فِي تَنْمِيَةِ أَخْلَاقِ التَّلَامِيْذِ بِالـمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ دَارِ الْفَلَاح شِيْحَمْفيْلس باندونج الغربية يُبْدَأُ هذَا الْبَحْثُ مِنْ مُبَالاَةٍ وَأَمَلٍ، وَلِـمَاذَا فِيْ هَذَا عَصْرِ الْعَوْلَمَةِ يَرْتَقِى الْإِنْحِلَال الْأَخْلَاقِي، حَتَّى يَخَافُ الوَالِدُ عَلَى الْأَثَرِ السَّلبِيِّ. وَهُوَ تُؤَثِّرُ الْأَخْلَاقُ السَّلْبِيَّةُ عَلَى التَّلَامِيْذِ مِنَ الْوَسَائِلِ الطِبَاعَةِ أَوِ الْوَسَائِلِ الْإِلِكْتِرُوْنِيَّاتِ وَ الشَّبَكَةِ الدَّوْلِيَّةِ، بَلْ لَقَدْ شَاهَدْنَا فِيْ الْحَيَاةِ الْوَاقِعِيَّةِ مِثْلَ : التَّخَاصُمُ بَيْنَ الْفِرَقِ وَالْمَدَارِسِ واِسْتِهْلَاكُ الْخَمْرِ وَ المُخَدِّرَاتِ، والْإِغْتِصَابِ واِرْتِكَابُ الزِّنَا وَالسَّرِقَةُ وَغَيْرُ ذلِكَ. مِنْ تِلْكَ الْأَمْثَالِ تَجْعَلُنَا كَالإِنْسَانِ الْمُتَعَلِّمِ مُبَالَةً بِهٰذِهِ الْمُشْكِلَةِ. وَلِذٰلِكَ يُحْتَاجُ اِلَى بَرْنَامِجِ تَثَقُّفِ السُّلُكِ الدِّيْنِيَّةِ لِتَنْمِيَةِ أَخْلَاقِ التَّلَامِيْذِ. أَمَّا الْأَهْدَافُ مِنْ هذَا الْبَحْثِ فَهِيَ : (1) مَعْرِفَةُ بَرْنَامِجِ تَثَقُّفِ السُّلُكِ الدِّيْنِيَّةِ فِيْ تَنْمِيَةِ أَخْلَاقِ التَّلَامِيْذِ فِيْ الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ دَار الْفَلَاح شِيْحَمْفيْلس، بَانْدُنْجْ الْغَرْبِيَّة: (2) مَعْرِفَةُ تَنْفِيْذِ بَرْنَامِجِ تَثَقُّفِ السُّلُكِ الدِّيْنِيَّةِ فِيْ تَنْمِيَةِ أَخْلَاقِ التَّلَامِيْذِ فِيْ الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ دَار الْفَلَاح شِيْحَمْفيْلس، بَانْدُنْجْ الْغَرْبِيَّة (3) مَعْرِفَةُ تَقْوِيْمِ بَرْنَامِجِ تَثَقُّفِ السُّلُكِ الدِّيْنِيَّةِ فِيْ تَنْمِيَةِ أَخْلَاقِ التَّلَامِيْذِ فِيْ الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ دَار الْفَلَاح شِيْحَمْفيْلس، بَانْدُنْجْ الْغَرْبِيَّة (4) مَعْرِفَةُ الْعَوَامِلِ الدَّاعِمَةِ وَالعَوَامِلِ التَّثْبِيْطِيَّةِ فِيْ بَرْنَامِجِ تَثَقُّفِ السُّلُكِ الدِّيْنِيَّةِ فِيْ تَنْمِيَةِ أَخْلَاقِ التَّلَامِيْذِ فِيْ الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ دَار الْفَلَاح شِيْحَمْفيْلس، بَانْدُنْجْ الْغَرْبِيَّة (5) مَعْرِفَةُ النَّتَائِجِ مِنْ بَرْنَامِجِ تَثَقُّفِ السُّلُكِ الدِّيْنِيَّةِ فِيْ تَنْمِيَةِ أَخْلَاقِ التَّلَامِيْذِ فِيْ الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ دَار الْفَلَاح شِيْحَمْفيْلس، بَانْدُنْجْ الْغَرْبِيَّة. وَالطَّرِيْقَةُ الْمُسْتَخْدَمَةُ هِيَ النَّوْعِيَّةُ بِطَرِيْقَةِ الْوَصْفِيَّةِ. وَأَمَّا أَسَالِيْبُهَا فَهِيَ الْمُلَاحَظَةُ وَالْمُقَابَلَةِ وَ دِرَاسَةُ الْوَثَائِقِ . وَمِنَ النَّتَائِجِ الْمَحْصُوْلَةِ مِنْ هذَا الْبَحْثِ أَشَارَتْ إِلَى أَنَّ : (1) بَرْنَامِجَ تَثَقُّفِ السُّلُكِ الدِّيْنِيَّةِ فِيْ تَنْمِيَةِ أَخْلَاقِ التَّلَامِيْذِ يُتَحَقَّقُ بِطَرِيْقَةِ الْتَّعِوِيْدِ فِيْ : أ) تَنْفِيْذِ صَلَاةِ الظُّهْرِ وَصَلَاةِ الضُّحَاء جَمَاعَةً كُلَّ يَوْمٍ عِنْدَ الْإِسْتِرَاحَةِ. ب ) إِعْطَاءِ الدَّافِعَةِ مِنْ مُعَلِّمِيْ التَّرْبِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ الدِّيْنِيَّةِ مَعْرِفِيًّا كَانَ أَوْ عَاطِفِيًّا وَ حَرَكِيًّا عَلَى التَّلَامِيْذِ لِأَدَاءِ الصَّلَاةِ وَ إِعْطَاءِ التَّقْوِيْم فِيْ كُلِّ نِهَايَةِ الدِّرَاسَةِ : ج) تَهْذِيْبِ النِّظَامِ وَهُوَ التَّذْكِيْرُ شَفَوِيًّا وَالتَّهْدِيْدُ عَلَى التِّلْمِيْذِ الَّذِيْ لَا يَتَّبِعُ الصَّلَاةَ جَمَاعَةً فِيْ الْمَدْرَسَةِ . (2) بَرْنَامِجَ تَثَقُّفِ السُّلُكِ الدِّيْنِيَّةِ فِيْ الْإِسْتِغَاثَةِ وَ الذِّكْرِ إِلَى الله، أَمَّا تَنْمِيَّةُ الْأَخْلَاقِ بِطَرِيْقَةِ : أ) المُظَاهَرَةُ ،يَسْتَخْدِمُ مُعَلِّمُوْ التَّرْبِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ الدِّيْنِيَّةِ هٰذِهِ الطَّرِيْقَةَ لِيَكُوْنَ التَّلَامِيْذ لَهُمْ شَجَاعَةٌ لِيَظْهَرُوْا فِيْ الْمُجْتَمَعِ وَ يَكُوْنَ شُعُوْبًا نَافِعَةً . ب) الْمَوْعِظَةُ، تَهْدَفُ هذِهِ الطَّرِيْقَة إِلَى وَعْيِ التَّلَامِيْذِ عَلَى أَهَمِّيَةِ الذِّكْرِ لِحَيَاتِهِمْ. (3) تَقْوِيْمُ الْبَرْنَامِجِ بِطَرِيْقَةِ التَّقْوِيْمِ الْوَاقِعِيِّ (4) يُدْعَمُ النَّجَاحُ مِنْ هذَا الْبَرْنَامِجِ بِالْوَسَائِلِ وَالتَّسْهِيْلَات الشَّامِلَةِ، ولَكِنَّ بَدَأَتِ الْمُشْكِلَةُ مِنَ التَّلَامِيْذِ الَّذِيْنَ لَا يَسْكُنُوْنَ فِيْ الْمَعْهَدِ وَالمُعَلِّمِ الآخَرَ لَيْسَ مِنْ مُعَلِّمِيْ التَّرْبِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ الدِّيْنِيَّةِ لَا يَهْتَمُّ بِانْضِبَاطِ التَّلَامِيْذِ. (5) النَّتَائِجُ مِنْ بَرْنَامِجَ تَثَقُّفِ السُّلُكِ الدِّيْنِيَّةِ هِيَ تَهْذِيْبُ أَخْلَاقِ التَّلَامِيْذِ وَ مُعَاشَرَتِهِمْ فِيْ الْبَيْتِ وَالْمَدْرَسَةِ وَالْمُجْتَمَعِ. وَيَتَأَسَّسُ عَلَى هذَا الْبَحْثِ يُرْجَى مِنْ مُدِيْرِ الْمَدْرَسَةِ وَمُعَلِّمِيْ التَّرْبِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ الدِّيْنِيَّةِ وَالْبَاحِثِ الْقَادِم أَنْ يَزِيْدُوْا اهْتِمَامًا كَبِيْرًا إِلَى تَثَقُّفِ السُّلُكِ الدِّيْنِيَّةِ في المدرسة. ENGLISH: This research was conducted based on the concern with moral decadence in this global era which worried most of the parents as the negative effects of globalisation. Students could be easily affected by the information from the mass media or from their gadgets while they were browsing online. In the real life, we could witness these negative effects happened almost everywhere, for example, bullying, free sex, theft, sexual harassment, and so on. This issue concerned us as an educator. Therefore, religious behaviour institutionalization is needed in building student’s character. This research was aimed to : (1) reveal religious behaviour institutionalization program in building student’s character at Darul Falah Junior High School-West Bandung District; (2) reveal the implementation of religious behaviour institutionalization program in building student’s character at Darul Falah Junior High School-West Bandung District; (3) reveal the assessment of religious behaviour institutionalization program in building student’s character at Darul Falah Junior High School-West Bandung District; (4) reveal the supporting and opposing factors in implementing religious behaviour institutionalization program in building student’s character at Darul Falah Junior High School-West Bandung District; (5) reveal the result of religious behaviour institutionalization program in building student’s character at Darul Falah Junior High School-West Bandung District. This research employed descriptive method and gained the data from interview, classroom observation and documentation. The research findings showed that: (1) religious behaviour institutionalization program in building student’s character was implemented by habituation in a) praying dzuhur and duha together at second school break time; b) motivating the students by reminding them to keep praying and assessing them at the end of the lesson; c) giving disciplinary guidance by reminding or punishing the students who disobeyed the rule of praying together; (2) religious behaviour institutionalization conducted by istighosah and dzikir, while character building conducted by: a) performance, the religion teacher implemented this method to encourage the students to be ready being part of the society; b) mauidzah (advice), this method was implemented to make the students aware of the importance of dzikir in their life; (3) the assessment program was conducted by using authentic assessment; (4) the supporting factor of this program was the availability of school facilities, while the opposing factor was the ignorance of some teachers in giving disciplinary guidance and some students who stayed outside the dormitory; (5) the result of religious behaviour institutionalization program could be seen from the positive behaviour showed by the students when they interacted with their surroundings. Based on this research, it is recommended that the school stakeholders, religion teachers, and the following researchers pay more attention on religious behaviour institutionalization at school.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ethics of Social Relations
Associations for Religions Work
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Supriatna Supriatna
Date Deposited: 02 Jul 2019 06:32
Last Modified: 02 Jul 2019 06:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21323

Actions (login required)

View Item View Item