Pengaruh Net Income (NI) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI):Studi kasus di PT. Selamat Sempurna Tbk Periode 2012-2017

Ponirah, Ade (2019) Pengaruh Net Income (NI) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI):Studi kasus di PT. Selamat Sempurna Tbk Periode 2012-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Di era globalisasi ini perekonomian di Indonesia mengalamami peningkatan dalam berbagai sektor salah satunya dalam sektor investasi saham di pasar modal. Seleksi saham khusus yang melalui penyaringan yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Informasi laporan keuangan salah satu faktor yang di pertimbangkan oleh investor untuk mengetahui kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan Net Income (NI) dan Earning Per Share (EPS) dengan jumlah saham yang ada di perusahaan. Dalam hal ini, nilai saham dapat mereflek-sikan investasi keuangan perusahaan dan kebijakan Dividen Payout Ratio (DPR). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Net Income (NI) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada PT Selamat Sempurna secara parsial, (2) menganalisa pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada PT Selamat Sempurna secara parsial, (3) menganalisa pengaruh Net Income (NI) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada PT Selamat Sempurna secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2012 – 2017. Tehnik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browsing dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Net Income (NI) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung < ttabel serta besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,212 atau 21,1 %. Pada variabel Earning Per Share (EPS) secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung < ttabel serta besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,565 atau 56,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan diketahui bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, artinya terdapat pengaruh tapi tidak signifikan antara Net Income (NI) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) secara simultan pada PT Selamat Sempurna Tbk. periode 2012-2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Income (NI); Earning Per Share (EPS); Dividen Payout Ratio (DPR);
Subjects: Econmics
Econmics > Research Methods of Economic
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ade Ponirah
Date Deposited: 04 Jul 2019 01:38
Last Modified: 04 Jul 2019 01:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21342

Actions (login required)

View Item View Item