Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik melalui analisis video tracker pada materi gerak harmonik sederhana

Sidik, Galih Purnama (2019) Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik melalui analisis video tracker pada materi gerak harmonik sederhana. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran fisika pada biasanya sering mementingkan hasil dari pada proses. Proses untuk mendapatkan hasil sebenarnya merupakan hal yang sangat penting. Proses menemukan suatu konsep, fakta, prinsip dalam fisika diperlukan keterampilan proses. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran fisika yaitu dengan menggunakan software tracke. Keterampilan proses sains merupakan seperangkat keterampilan yang digunakan para ilmuan dalam melakukan penyelidikan.. Software tracker merupakan software video analisis dan pemodelan yang dibangun oleh Open Sourc Physics (OPS) dengan kerangka kerja menggunakan java. Fitur yang disediakan termasuk pelacakan objek dengan posisi, kecepatan dan percepatan lapisan dan grafik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan desain One-Group Pretes-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Darul Fatwa Kabupaten Sumedang yang berjumlah dua kelas dengan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling dimana sampel yang diambil adalah kelas X-A sebanyak 30 peserta didik. Data keterlaksanaan guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan keterampilan proses sains peserta didik melalui soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan pada tiap pertemuan dengan persentase 88% pada pertemuan ke-1, 92,5% pada pertemuan ke-2, dan 95% pada pertemuan ke-3 untuk aktivitas guru. Serta 78,47% pada pertemuan ke-1, 84,04% pada pertemuan ke-2, dan 89% pada pertemuan ke-3 untuk aktivitas peserta didik. Selain itu terdapat peningkatan keterampilan proses sains memanfaatkan media software tracker saat pembelajaran. Hasil ini dibuktikan dari nilai uji ttabel < thitung yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan software tracker pada materi gerak harmonik sederhana memiliki dampak yang positif terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains; software tracker; gerak harmonik sederhana
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Galih Purnama Sidik
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:52
Last Modified: 08 Jul 2019 03:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21385

Actions (login required)

View Item View Item