Ramdhan, Dadan F (2013) Penggunaan Teknik Meniru Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Serapan Dan Transliterasi Tulisan Arab-Indonesia. LP2M, Bandung.
|
Text
0 COVER LAPORAN PENELITIAN.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
1 KATA PENGANTAR.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
3 ABSTRAKSI.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
4 DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODOLOGI.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV TEMUAN DAN PEMBAHASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan “bagaimana keefektifan penggunaan teknik meniru model terdahap peningkatan kemampuan menulis kata serapan dan transliterasi tulisan ArabIndonesia” Teknik meniru model merupakan salah satu teknik yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk meniru suatu model. Teknik ini merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam proses belajar mengajar saat siswa dituntut untuk meniru model yang dibuat oleh guru sehingga anak bisa mencontoh/meniru model tersebut sampai benarbenar mirip dengan model tersebut. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apa yang dipersiapkan dalam pembelajaran melalui teknik meniru model dan untuk mengetahui keefektifan teknik tersebut terhadap kemampuan anak dalam menulis kata serapan dan transliterasi tulisan ArabIndonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dimana ada dua kelas yang diujicobakan. Satu kelas disebut kelas eksperimen yang menggunakan teknik meniru model, satu kelas control yang menggunakan metode konvensional. Kelas control berfungsi untuk mengontrol efektif tidaknya kelas eksperimen. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Al-Inayah Sarijadi Kota Bandung dengan mengambil sampel kelas 6 Pengelolaan data dan pengujian hipotesisnya menggunakan SPSS. Simpulan umum yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan teknik meniru model memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis kata serapan dan transliterasi tulisan Arab-Indonesia. Rata-rata kemampuan anak menulis kata serapan Arab Indonesia dari hasil pretes adalah 8,35, setelah pembelajaran dengan menggunakan teknik meniru model, nilai postes rata-rata menulis tersebut menjadi 13.00. Sedangkan untuk kemampuan menulis kata serapan ArabIndonesia, rata-rata nilai pretes adalah 22,00 dan setelah pembelajaran dengan menggunakan teknik meniru model, nilai ratarata menulis tersebut menjadi 39,33.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Bahasa Arab Knowledge > Descriptive and Experimental Methods Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | DR. Dadan F Ramdhan |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 09:17 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 09:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21412 |
Actions (login required)
View Item |