Pemanfaatan media dan Event dalam membangun Reputasi Lembaga

Nurlela, Tita Inge (2019) Pemanfaatan media dan Event dalam membangun Reputasi Lembaga. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy

Abstract

Reputasi merupakan suatu penilaian terhadap sebuah organisasi yang didalamnya melekat faktor kepercayaan dari khalayak. Pada proses pengambilan keputusan khalayak, maka reputasi menjadi komponen yang sangat dinilai dan dipertimbangkan. Reputasi wajib dibangun bagi semua organisasi, dalam membangun reputasi perlu adanya pemahaman dari sebuah organisasi. Reputasi merupakan gambaran yang ada di dalam benak seseorang, yang harus dimiliki oleh setiap lembaga tidak sama dengan citra, juga tidak sama dengan merk. Proses membangun, mempertahankan, dan meningkatkan image dan brand, oleh karena itu reputasi lebih mapan dan stabil daripada image ataupun brand. Dalam hal ini diperlukanm adanya media dan event untuk menciptakan reputasi tersebut. Pengelolaan media dan event dalam suatu lembaga akan berdampak pada reputasi lembaga tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media massa yang digunakan dalam membangun reputasi, pemanfaatan media internet yang digunakan dalam membangun reputasi serta pemanfaatan Special event yang dilakukan dalam membangun reputasi lembaga. Teori yang digunakan yaitu teori Informasi dan persuasi, metode yang digunakan yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pengumpulan data melalui observasi yaitu melaksanakan pengamatan (secara Inderawi) yang di rencanakan, sistematis, dan hasilnya di catat serta dimaknai (diinterpretasikan) dalam rangka memperoleh pemahaman tentang suatu objek yang diamati. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam membangun reputasi lembaga UNISBA memanfatakan media massa dengan cara bekerjasama dengan pihak stasiun radio, juga melakukan hubungan baik dengan pihak media televisi nasional, dan juga bekerjasama dengan pihak media massa koran. Memanfaatkan media sosial dan media internet seperti website dan lain-lain. Memanfaatkan special event sebagai penunjang visi dan misi dari Unisba. Reputation is an assessment of an organization in which the factor of trust is inherent in the audience. In the public decision making process, reputation is a component that is highly valued and considered. Reputation must be built for all organizations, in building a reputation there needs to be an understanding of an organization. Reputation is a picture that is in someone's mind, that every institution must have is not the same as an image, nor is it the same as a brand. The process of building, maintaining, and improving the image and brand, therefore the reputation is more established and stable than the image or brand. In this case there is a need for media and events to create that reputation. Media management and events in an institution will have an impact on the reputation of the institution. The purpose of this study is to find out the use of mass media used in building reputation, the use of internet media that is used in building reputation and the use of special events carried out in building the reputation of the institution. The theory used is Information theory and persuasion, the method used is a case study with a qualitative approach. The method used in this study is a case study using a qualitative approach, namely collecting data through observation, namely carrying out observations (sensory) that are planned, systematic, and the results are recorded and interpreted in order to gain an understanding of an object being observed. The results of the study show that, in building the reputation of the UNISBA institution, the use of mass media by collaborating with the radio station also has good relations with the national television media, and also collaborates with the newspaper mass media. Make use of social media and internet media such as websites and others. Utilizing special events as a support for Unisba's vision and mission.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: reputasi; fungsi humas; reputation; public relation function
Subjects: Public Performances > Management of Public Performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: tita inge nurlela
Date Deposited: 04 Jul 2019 01:28
Last Modified: 04 Jul 2019 01:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21417

Actions (login required)

View Item View Item