Rosadi, Anwar (2016) Etika guru menurut K.H Hasyim Asy'ri dalam Kitab adabul alim wa al Muta'allim: Analisis ilmu pendidikan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
2_cover.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
1_abstrak.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Islam pada hakikatnya merupakan sebuah proses transformasi dan internalisasi nilai-nilai ajaran Islam terhadap peserta didik. Proses transformasi dan internaliasasi nilai-nilai ajaran Islam tersebut sangat dipengaruhi oleh kualitas seorang guru. Selain hal tersebut, yang sangat memengaruhi proses transformasi dan internalisasi nilai ajaran Islam adalah penerapan etika guru terhadap murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Konsep Etika guru Menurut Ilmu Pendidikan Islam; (2) Konsep etika guru persepektif K.H Hasyim Asy'ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wa Al Muta’alim dan (3) Implementasi konsep etika guru persepektif K.H Hasyim Asy'ari dalam kitab adabul alim wa al muta'allim dan kontribusinya terhadap pendidikan zaman sekarang. Penelitian ini berangkat dari pemikiran K.H Hasyim Asy'ari mengenai etika. Menurut beliau, bahwa setiap perbuatan yang disertakan dengan nilai etika itu merupakan indikator diterima atau tidaknya suatu amal oleh Allah Subhanahu Wata'ala. Tak terkecuali juga dalam kegiatan belajar-mengajar yang didalamnya terdapat interaksi antara seorang guru dan murid. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Interpretasi dan Content Analysis. Penerapan metode Interprestasi yaitu menganalisis kitab Adabul ‘Alim Wa Al Muta’alim untuk mengungkapkan makna yang terkandung. Kemudian metode Content Analysis akan mengungkapkan isi pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari. Metode ini untuk mengetahui kerangka berfikir K.H Hasyim Asy’ari yang tertuang pada Adabul’alim Wa Al Muta’alim tentang etika guru terhadap murid. Kemudian data yang dianalisis diuji keabsahan datanya dari buku-buku K.H Hasyim Asy'ari dan buku-buku yang menunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kitab Adabul ‘Alim Wa Al Muta’alim mengkhususkan penyajian tentang etika guru dan murid pada pembelajaran. Urainnya terfokus pada sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang guru ketika memberikan pelajaran baik yang berhubungan dengan muridnya maupun dengan kitabnya. Adapun konsep etika guru pada kitab Adabul ’Alim Wa Al Muta’alim antara lain : (1) etika bagi alim (guru) selalu mendekatkan diri kepada Allah, takut (khouf) kepada murka Allah, sakinah, wara’, tawadhu’ khusyu, senantiasa berpedoman pada hukum Allah (2) Etika ketika mengajar, selalu mendatangi majlis kelas, mengucapkan salam kepada seluruh hadirin, menghadapi murid dengan penuh perhatian, sebelum memulai pengajaran hendaknya membaca beberapa ayat Al-Qur’an, mengatur volume suara, (3) Etika guru terhadap murid, memberikan pengajaran, membangun niat yang ikhlas, mencintai para siswanya, mendidik dan memberikan pengajaran (4) Etika guru terhadap buku, memahami isinya, mengembalikan buku jika meminjamnya, memastikan kesempurnaan buku dan ketika menulis harus dalam keadaan suci dan memulai tulisan dengan Bismillahirrohmanirrohim.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Guru; K.H Hasyim Asy'ari; Adabul alim wa al Muta'allim; |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anwar Rosadi |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 06:01 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 06:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21422 |
Actions (login required)
View Item |