Hamidah, Euis Erha Rohmah (2015) Manajemen pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Matlaul Atfal Cibiru Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (792kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (923kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep, pelaksanaan, penghambat, pedukung serta evaluasi dalam pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul Atfal Cibiru Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif, melalui pendekatan kualitatif. Karena penelitian ini mendeskripsikan secara komprehensif dan mendalam tentang suatu peristiwa dan fakta yang ada. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya; observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun dalam pelaksanaannya data-data tersebut dianalisa dan diinterpretasi kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis menunjukkan bahwa konsep pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul Atfal Cibiru Bandung, meliputi aspek kognitif {pengetahuan tentang pembelajaran akhlak mulia}, apektif {menyangkut bagaimana sikap atau akhlak yang mulia} dan psikomotorik {bagaimana pengamalan atas pembelajaran akhlak mulia tersebut}. Pelaksanaan pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Matlaul Atfal secara umum dilaksanakan sesuai dengan kurikulum madrasah formal dari Mapenda Kemenag Kota Bandung, ditambahkan dengan materi kurikuler maupun ekstra kurikuler dan mata pelajaran Diniyah Takmiliyah Awwaliyah {DTA} Matlaul Atfal. Faktor penghambat pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah {MI} Matlaul Atfal, disamping masyarakat sekitar lingkungan yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya sekolah Madrasah yang dianggapnya sebagai sekolah agama. Juga kurangnya tanggung jawab dan inkonsistensi diantara tenaga pengajar. Pendukung dalam proses pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah {MI} Matlaul Atfal, diantaranya kondisi tempatnya yang kondusif, para pengajarnya yang berusaha untuk selalu profesional dan selalu membiasakan berbudi pekerti yang baik, serta selalu berusaha tepat dalam menyampaikan materi pelajaran akhlak. Evaluasi Pembelajaran Akhlak dilakukan sekaligus dengan cara evaluasi kegiatan belajar mengajar setiap Ujian Tengah Semester {UTS} dan Ujian Akhir Semester (UAS).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran Akhlak |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 03:32 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 02:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21433 |
Actions (login required)
View Item |