Manajemen pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Matlaul Atfal Cibiru Bandung

Hamidah, Euis Erha Rohmah (2015) Manajemen pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Matlaul Atfal Cibiru Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep, pelaksanaan, penghambat, pedukung serta evaluasi dalam pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul Atfal Cibiru Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif, melalui pendekatan kualitatif. Karena penelitian ini mendeskripsikan secara komprehensif dan mendalam tentang suatu peristiwa dan fakta yang ada. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya; observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun dalam pelaksanaannya data-data tersebut dianalisa dan diinterpretasi kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis menunjukkan bahwa konsep pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul Atfal Cibiru Bandung, meliputi aspek kognitif {pengetahuan tentang pembelajaran akhlak mulia}, apektif {menyangkut bagaimana sikap atau akhlak yang mulia} dan psikomotorik {bagaimana pengamalan atas pembelajaran akhlak mulia tersebut}. Pelaksanaan pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Matlaul Atfal secara umum dilaksanakan sesuai dengan kurikulum madrasah formal dari Mapenda Kemenag Kota Bandung, ditambahkan dengan materi kurikuler maupun ekstra kurikuler dan mata pelajaran Diniyah Takmiliyah Awwaliyah {DTA} Matlaul Atfal. Faktor penghambat pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah {MI} Matlaul Atfal, disamping masyarakat sekitar lingkungan yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya sekolah Madrasah yang dianggapnya sebagai sekolah agama. Juga kurangnya tanggung jawab dan inkonsistensi diantara tenaga pengajar. Pendukung dalam proses pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah {MI} Matlaul Atfal, diantaranya kondisi tempatnya yang kondusif, para pengajarnya yang berusaha untuk selalu profesional dan selalu membiasakan berbudi pekerti yang baik, serta selalu berusaha tepat dalam menyampaikan materi pelajaran akhlak. Evaluasi Pembelajaran Akhlak dilakukan sekaligus dengan cara evaluasi kegiatan belajar mengajar setiap Ujian Tengah Semester {UTS} dan Ujian Akhir Semester (UAS).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran Akhlak
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 04 Jul 2019 03:32
Last Modified: 17 Jan 2022 02:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21433

Actions (login required)

View Item View Item