Anggraini, Diana (2019) Pengembangan soal cerita matematika bernuansa islami dengan menggunakan komik pada materi aritmatika sosial kelas VII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (422kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
Abstract
Diana Anggraini “Pengembangan Soal Cerita Matematika Bernuansa Islami dengan Menggunakan Komik pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII” (Penelitian Pengembangan di SMP Negeri 8 Kota Bandung) Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D (Four-D) yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perencanaan), tahap development (pengembangan) dan tahap dissemination (penyebarluasan). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) proses pengembangan soal cerita matematika bernuansa islami dengan menggunakan komik pada materi aritmatika sosial kelas VII; (b) hasil soal cerita matematika bernuansa islami dengan menggunakan komik pada materi aritmatika sosial kelas VII; (c) sikap siswa terhadap soal cerita matematika bernuansa islami dengan menggunakan komik pada materi aritmatika sosial kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) proses pengembangan soal cerita matematika bernuansa islami dengan menggunakan komik menggunakan 4 tahap pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari tahap pengembangan Sugiyono; (b) hasil yang diperoleh dari tahap pengembangan dan uji coba soal, didapatkan 8 soal cerita matematika bernuansa islami dengan menggunakan komik yang sesuai dengan kelayakan oleh para ahli dan kriteria soal yang terdiri dari validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran secara keseluruhan dalam kategori valid dan baik; (c) sikap siswa terhadap soal cerita matematika bernuansa islami dengan menggunakan komik dengan kategori sangat baik dan positif terhadap soal cerita matematika bernuansa islami dengan menggunakan komik yang dikembangkan. Hasil penelitian ini akan dapat membantu guru dalam menyajikan soal dengan alternatif lain yaitu soal cerita matematika bernuansa islami dengan menggunakan komik sehingga siswa dapat menyelesaikan soal dengan mudah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan soal; soal cerita matematika; bernuansa islami; komik matematika; |
Subjects: | Education Mathematics > Research Methods of Mathematics Arithmetics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Diana Anggraini |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 07:42 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 07:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21474 |
Actions (login required)
View Item |