Penerapan strategi pembelajaran peer lesson untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian tindakan Kelas di kelas IV MI Muhammadiyah Babakanloa

Jannah, Samrotul (2019) Penerapan strategi pembelajaran peer lesson untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian tindakan Kelas di kelas IV MI Muhammadiyah Babakanloa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak karena penggunaan metode ajar yang konvensional dapat menimbulkan rasa jenuh dan bosan pada proses pembelajaran. Karena pembelajaran akidah akhlak adalah satu diantara mata pelajaran yang proses penyampaiannya lebih mudah dengan menggunakan metode ajar karena bahan ajar yang abstrak seakan-akan bisa terlihat nyata. Strategi pembelajaran peer lesson merupakan strategi pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Pembelajaran dengan menggunakan strategi peer lesson diharuskan siswa untuk bertukar pengetahuan dengan siswa lain dan setelah itu siswa mampu mendiskusikan hasil diskusinya di depan teman-temannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran peer lesson pada mata pelajaran akidah akhlak, (2) proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran peer lesson pada mata pelajaran akidah akhlak, dan (3) aktivitas belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran peer lesson. Pembelajaran akidah akhlak dengan penerapan strategi pembelajaran peer lesson diharapkan bisa membuat aktivitas belajar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran peer lesson diawali dengan guru membagi siswa dengan berkelompok, setelah itu guru membagikan materi terhadap masing-masing kelompok, lalu setiap masing-masing anggota kelompok harus mampu bertukar pengetahuan dengan anggota kelompok lain. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI MI Muhammadiyah Babakanloa yang terdiri dari 11 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum menggunakan strategi pembelajaran peer lesson diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada angka 41,15% berada pada kategori kurang aktif. Sedangkan pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 55,19% termasuk kategori cukup, sedangkan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 81,92% berada pada kategori baik sekali. Dengan demikian pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran peer lesson dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Babakanloa pada mata pelajaran akidah akhlak. ENGLISH : This research is motivated by the low learning activities of students in moral akidah subjects because the use of conventional teaching methods can cause boredom and boredom in the learning process. Because moral akidah learning is one of the subjects whose process of delivery is easier by using teaching methods because the teaching material is abstract as if it can be seen real. The peer learning strategy lesson is a learning strategy that is used to improve student learning activities in moral akidah subjects. Learning using the peer lesson strategy is required by students to exchange knowledge with other students and after that students are able to discuss the results of their discussions in front of their friends. The purpose of this study was to find out: (1) student learning activities before using peer lesson learning strategies in moral akidah subjects, (2) learning process using peer lesson learning strategies in moral akidah subjects, and (3) student learning activities after using peer learning strategy lesson. Moral akidah learning with the application of peer lesson learning strategies is expected to make student learning activities more active in the learning process. The peer lesson learning strategy begins with the teacher dividing students in groups, after which the teacher distributes the material to each group, then each group member must be able to exchange knowledge with other group members. The method used is the Classroom Action Research (CAR) method which is carried out in two cycles. In each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. The technique of collecting data uses the observation sheet of student activity, teacher activity observation sheets, and tests. The research subjects were the sixth grade students of MI Muhammadiyah Babakanloa which consisted of 11 women and 15 men. The results showed that before using the peer lesson learning strategy, the average percentage of student learning activities in the 41.15% was in the less active category. While in the first cycle the average percentage of student learning activities was 55.19%, including enough categories, while the average percentage of student learning activities in the second cycle was 81.92% and was in the excellent category. Thus learning using the peer lesson learning strategy can improve the learning activities of fourth grade students of MI Muhammadiyah Babakanloa in moral akidah subjects.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Peer lesson; Akidah Akhlak
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Samrotul Jannah
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:18
Last Modified: 05 Jul 2019 02:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21475

Actions (login required)

View Item View Item