Manajemen sekolah Adiwiyata Mandiri di Kota Bandung: Studi deskriptif analitik di SD BPI dan SDN Cijawura Kota Bandung

Sulaeman, Sulaeman (2016) Manajemen sekolah Adiwiyata Mandiri di Kota Bandung: Studi deskriptif analitik di SD BPI dan SDN Cijawura Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

INDONESIA: Meningkatknya kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh ulah manusia menandakan bahwa semakin kurangnya kepedulian manusia terhadap alam. Permasalahan lingkungan di kota-kota besar semakin meningkat seiring dengan ketidakpahaman manusia dalam mengelola lingkungan. Program Adiwiyata yang bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan membawa harapan baru agar generasi yang akan datang paham dalam mengelola lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sekolah adiwiyata mandiri yang ada di kota bandung khususnya di SD BPI dan SDN Cijawura. Fokus penelitian ini untuk mengetahui deskripsi/gambaran mengenai program kegiatan yang rencanakan, pengorganisasin, pengawasan, faktor pendukung serta kendala-kendala dan solusinya dalam kegiatan sekolah adiwiyata. Empat komponen dalam program adiwiyata yaitu 1) Kebijakan berwawasan lingkungan, 2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, 3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan 4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan harus dikelola dan dimenej dengan baik. keempat komponen tersebut jika terselenggara dengan baik akan tercipta sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan kualitatif deskriptif analitik yang bertujuan untuk menggambarkan objek penelitian dan menganalisanya sesuai dengan teori. Teknik mengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, studi dokumen dan observasi. Simpulan menunjukkan SD BPI dan SDN Cijawura telah melakukan manajemen sekolah adiwiyata dengan baik. Perencanaa program adiwiyata dilakukan dengan membuat kebijakan berwawasan lingkungan, menyusun kurikulum berbasis lingkungan, Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Pengorganisasian dilakukan dengan cara membentuk tim adiwiyata yang terdiri dari berbagai unsur seperti guru, karyawan, siswa dan komite sekolah. Pelaksanaan program adiwiyata dilakuakan dengan menjalankan empat komponen adiwiyata. Pengawasan program kegiatan adiwiyata dilakukan dengan cara melakukan monitoring dan evaluasi terhadap semua rencana yang sudah ditentukan. Faktor pendukung manajemen sekolah antara lain kepemimpinan yang visioner, SDM yang handal, kondisi sosial. Faktor penghambat antara lain kurangnya keterampilan untuk mengambil keputusan, ketidak mampuan dalam berkomunikasi, kurangnya kepercayaan antar pihak, ketidakjelasan peraturan tentang keterlibatan antar masing-masing pihak, kurangnya sarana prasarana. Faktor yang memperkuat antara lain melakukan pelatihan kepemimpinan, pembinaan dan pelatihan anggota, membuat aturan yang jelas, penempatan orang sesuai dengan kemampuannya, dan pendanaan. ENGLISH: The rise in environmental damage caused by human activity indicates that the lack of awareness of man against nature. Environmental problems in large cities are increasing with incomprehension man to manage the environment. Adiwiyata program which aims to realize a school that cares and cultured environment brings new hope that future generations understand to manage the environment. This study aims to determine independently Adiwiyata school management in the city of Bandung, especially in SD BPI and SDN Cijawura. The focus of this research for a description / overview of the program of activities planning, organizing, monitoring, supporting factors and constraints and solutions in school activities Adiwiyata. Four components in Adiwiyata namely 1) the environmental policy, 2) Implementation of environmentally based curriculum, 3) Activity-based participatory environment, and 4) management of environment-friendly means of support must be managed and dimenej well. The fourth component if well established schools will create a caring and civilized environment. This study uses qualitative and descriptive analytic approach that aims to describe the object of study and analyze it according to the theory. Technique of gathering data by interview, document study and observation. Conclusions indicate SD BPI and SDN Cijawura Adiwiyata school management has done well. Stats Adiwiyata done by creating environmentally sound policies, develop curricula based environment, activity-based participatory environment, and management of environmentally friendly means of support. Organizing done by forming a team Adiwiyata which consists of various elements such as teachers, employees, students and the school committee. Adiwiyata implemented by running four components Adiwiyata. Adiwiyata program oversight activities carried out by monitoring and evaluation of all the plans that have been determined. Factors supporting the school management include visionary leadership, reliable human resources, social conditions. Inhibiting factors included the lack of skills to take decisions, inability to communicate, lack of trust between the parties, unclear rules on engagement between each of the parties, the lack of infrastructure. Factors that reinforce among others, leadership training, coaching and training of members, making clear rules, the placement of people according to their ability, and funding.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sekolah; Manajemen Pendidikan
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 08 Jul 2019 08:28
Last Modified: 17 Jan 2022 03:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item View Item