Penerapan metode terapi Eklektik terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK): Studi kasus sekolah dasar plus Al-Ghifari Bandung

Piani, Anggi Fitri (2018) Penerapan metode terapi Eklektik terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK): Studi kasus sekolah dasar plus Al-Ghifari Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Bab1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
4_Bab2sdbab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
5_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text
8_Daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak yang mempunyai abnormalitas atau ketidaksesuaian dari keadaan rata-rata anak reguler umumnya, baik dari segi mental, fisik, maupun sifat sosialnya. Anak Berkebutuhan Khusus dapat dibina dengan menggunakan pendekatan terapi, baik dari Barat, Timur, ataupun Terapi gabungan (eklektik) dan penerapan beberapa terapi yang disesuaikan dengan assassment klien. Terapi eklektik tersebut dinilai akan lebih memberikan perkembangan positif dalam penyembuhan klien, hingga di terapkan di LPKS SD Plus Al-Ghifari. ABK di SD Plus Al-Ghifari di bina, di terapi, dan di didik oleh Guru Pembimbing Khusus (GPK) atau helper, serta guru Program Pembelajaran Individu (PPI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan ABK di SD Plus Al- Ghifari, bagaimana metode terapi eklektik, dan perubahan positif pada ABK di SD Plus Al-Ghifari setelah pemberian treatment terapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bertujuan menggambarkan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara faktual dan cermat. Hasil temuan dari penelitian ini adalah LPKS SD Plus Al-Ghifari merupakan lembaga yang membimbing ABK secara akademik, kemandirian, dan sosial dengan menggunakan terapi eklektik sufistik yakni modifikasi dari terapi; [1]Terapi mahabbah atau kasih sayang, [2]Terapi agama, [3]Massage therapy, [4]Terapi perilaku, [5]Play therapy atau terapi bermain. Terapi tersebut diterapkan pada delapan ABK dengan hambatan seperti autis ringan-berat, slow learner, hyper sensitive, gangguan motorik, gangguan konsentrasi. Terapi eklektik sufistik tersebut membuat perkembangan positif bagi ABK di SD Plus Al-Ghifari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LPKS SD Plus Al-Ghifari; ABK; Terapi Eklektik
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Islam > Sufi Orders
Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: ANGGI FITRI PIANI
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:36
Last Modified: 11 Jul 2019 07:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21626

Actions (login required)

View Item View Item