Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru Islamic Full Day School di SMP Salman Al Farisi Bandung

Yuliana, Yuliana (2015) Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru Islamic Full Day School di SMP Salman Al Farisi Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

INDONESIA : Sekolah-sekolah Islam yang bersistem full day memberlakukan kegiatan pembelajaran dengan rentang waktu yang lebih lama dibandingkan sekolah biasa pada umumnya. Hal ini memerlukan kreativitas dalam pengelolaan pembelajaran yang efektif dari pihak sekolah, terutama guru, agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, sehingga siswa betah dan nyaman berada di sekolah dalam jangka waktu yang cukup lama. SMP Salman Al Farisi merupakan salah satu sekolah yang menerapkan sistem full day school. Hal ini menuntut adanya kinerja guru yang profesional dalam mengelola pembelajaran. Adapun faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja guru SMP Salman Al-Farisi adalah kemampuan kepala sekolah dalam mengelola guru-guru tersebut. Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, maka penelitian dilakukan dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui manajemen Kepala Sekolah SMP Salman Al Farisi, yang meliputi kegiatan yang diprogramkan dalam perencanaan, serta pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru; serta 2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat profesionalisme kinerja guru SMP Salman Al Farisi. Kegiatan manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah berkaitan dengan upaya peningkatan kinerja guru yaitu manajemen tenaga pendidik dan kependidikan. Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan adalah keseluruhan proses pengelolaan terhadap pendidik dan kependidikan sehingga tenaga pendidik dan kependidikan memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai dengan tuntutan kerja mereka secara profesional. Adapun fungsi-fungsi manajemen kepala sekolah dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil data penelitian ini dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sementara uji kredibilitas data antara lain dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Salman Al Farisi merupakan faktor penentu peningkatan kinerja guru SMP Salman Al Farisi. Hal ini ditandai dengan adanya pelatihan-pelatihan bagi guru-guru di sekolah tersebut yang berkaitan dengan upaya-upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. ENGLISH : Islamic schools are applying impose a full day of learning activities with a longer time span than an ordinary school. This requires creativity in learning effective management of the schools, especially teachers, in order to create a fun learning environment, so that students feel at home and comfortable in school long enough period of time. SMP Salman Al Farisi is one of the schools with a full day school system. It requires the performance of professional teachers in managing learning. The most dominant factor affecting the performance of SMP Salman Al-Farisi teachers is the ability of the principal in managing these teachers. Departing from the background of the problem, the research carried out with the aim of: 1) To determine the management of SMP Salman Al Farisi Principal, which covers the activities programmed in the planning, organizing, implementing, and monitoring conducted by the Principal in improving the professionalism of teachers performance ; and 2) To determine the factors that supporting and inhibiting professionalism of teachers performance in SMP Salman Al Farisi. Management activities undertaken by the principal associated with efforts to improve the performance of teachers, educators and educational management. Educators management is the overall process of managing to educators so that educators have the competence and qualifications in accordance with the demands of their work in a professional manner. The management functions of the principal in this research include planning, organizing, implementing, and monitoring conducted by the principal to improve the professionalism of teacher performance. This research is a field research by using descriptive qualitative research method. The research data were collected through observation, interviews, documentation, and triangulation. The results of this research analyzed the data through data reduction, data presentation, as well as the conclusion and verification. While testing the credibility of the data, among others, the extension of observation, increased diligence in research, triangulation, discussions with colleagues, negative case analysis, and member check. The results showed that the management carried out by The Principal of SMP Salman Al Farisi is the determinant factor of improved SMP Salman Al Farisi teacher performance. It is characterized by the existence of training for teachers in the school regarded with efforts to improve the quality of learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala Sekolah; Kinerja Guru
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 10 Jul 2019 02:47
Last Modified: 17 Jan 2022 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21635

Actions (login required)

View Item View Item