Partisipasi politik masyarakat dalam menghadapi pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kuningan Tahun 2018: Penelitian di Desa Silebu Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan

Elfarhani, Ilham Nur (2019) Partisipasi politik masyarakat dalam menghadapi pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kuningan Tahun 2018: Penelitian di Desa Silebu Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi politik penting untuk diteliti mengingat keberhasilan dari sebuah pemilihan kepala daerah dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat. Isu yang masih menjadi perhatian khusus yang mengemuka seiring dengan perwujudan masyarakat inklusif di Desa Silebu adalah kesadaran mengenai hak dan kewajiban masyarakat dalam berpolitik. Hal ini dirasa penting mengingat Desa Silebu merupakan desa dengan populasi tertinggi di Kecamatan Pancalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas partisipasi politik masyarakat, sekaligus mengetahui pemahaman masyarakat dan untuk mengetahui upaya meningkatkan partisipasi politik masyarakat Desa Silebu dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kuningan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pilihan Rasional Coleman dalam gagasan dasarnya adalah tindakan perseorangan mengarah kepada sesuatu tujuan dan tujuan itu ditentukan oleh nilai atau pilihan. Selanjutnya, Coleman menyinggung masalah adanya aktor yang memilih tindakan yang dapat memaksimalkan kegunaan atau memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka. Ada dua unsur utama dalam teori Coleman, yakni aktor dan sumber daya. Sumber daya adalah sesuatu yang menarik perhatian dan yang dapat dikontrol oleh aktor. Coleman mejelaskan interaksi antara aktor dan sumber daya secara rinci menuju ke tingkat sistem sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang merupakan jenis data kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari beberapa informan yaitu, aparat pemerintahan, tokoh masyarakat, pedagang dan pemuda. Adapun sumber data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen dan foto-foto hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian,dapat disimpulkan bahwa partisipasi politik masyarakat Desa Silebu dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kuningan 2018 mengalami peningkatan dari Pilkada sebelumnya, namun masih ada masyarakat yang belum memahami akan pentingnya kewajiban dalam berpolitik. Selain itu, adanya upaya peningkatan partisipasi politik masyarakat yang dilakukan oleh KPUD, Partai Politik, Media Massa, Partisipan dan Akademisi. Dengan demikian diperlukannya sinergitas antara semua elemen baik dari pemerintah hingga masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kuningan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Politik; Kesadaran; Pilkada;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Political Process > Political Parties
Socialism and Related Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ilham Nur El Farhani
Date Deposited: 22 Aug 2019 02:44
Last Modified: 22 Aug 2019 02:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21648

Actions (login required)

View Item View Item