Peran bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kedisiplinan santri: Penelitian di Pondok Pesantren Nihayatul Amal Putri Rawamerta Karawang

Hilyani, Hilyani (2019) Peran bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kedisiplinan santri: Penelitian di Pondok Pesantren Nihayatul Amal Putri Rawamerta Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Kedisplinan merupakan salah satu faktor yang sangat menunjang keberhasilan pendidikan dan pengajaran. Disiplin bermanfaat mendidik santri untuk memenuhi dan menyenangi peraturan, maupun kebijakan yang ada, sehingga dapat menghasilkan tingkah laku yang baik. Kedisiplinan dapat dicapai atau ditumbuhkan dalam diri santri dengan bimbingan keagaaman di pesantren. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Nihayatul Amal Putri merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kedisplinan santri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kondisi awal santri Pondok Pesantren Nihayatul Amal Putri (2) untuk mengetahui program bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Nihayatul Amal Putri ; (3) Untuk mengetahui pelaksanakan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Nihayatul Amal Putri; (4) Unutk mengetahui hasil bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Nihayatul Amal. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan keagamaan merupakan hal yang paling penting dalam sebuah pesantren. Bimbingan keagamaan dapat diartikan proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh individu agar kehidupannya selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah sehingga mencapai kebahagian didunia dan akhirat (Aunur Rahim Faqih 2001:61). Bimbingan keagamaan diberikan atas dasar kewajiban yang harus dilakukan setiap manusia sebagai bentuk mengingatkan dan menyerukan kebaikan. Dalam penelitian ini, penulis menggunkan metode deskriptif, karena itu penulis hanya melukiskan apa adanya secara sistematis dari apa yang terjadi. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan cara observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Nihayatul Amal Putri ini membentuk para santri menjadi pribadi yang berdisiplin dalam segala hal, seperti dalam hal beribadah, belajar, ataupun dalam mentaati peraturan. Dengan adanya bimbingan ini, diharapkan dapat menumbuhkan dan menanamkan kedisiplinan dalam diri santri, sopan santun dalam berprilaku/berbicara, semangat dalam meraih prestasi. Sehingga pada akhirnya seluruh santri akan menjadi santri teladan khusunya santri kelas VII Tsanawiyah akan menjadi santri teladan yang sikap dan ucapannya patut dijadikan teladan oleh santri yang lain. Dan tata tertib yang telah ditentukann oleh pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Kedisiplinan;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: hilyani hunaidah
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:14
Last Modified: 11 Jul 2019 04:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21666

Actions (login required)

View Item View Item