Farhani, Lina (2019) Penerapan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan sabun berbahan dasar kefir susu untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (915kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif diperlukan agar peserta didik mampu menemukan dan menentukan hal-hal baru dalam penyelesaian suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas, menganalisis kemampuan menyelesaikan lembar kerja, serta menganalisis keterampilan berpikir kreatif pada penerapan lembar kerja berbasis proyek dalam pembuatan sabun berbahan dasar kefir susu. Desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study dengan subjek penelitian mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung yang berjumlah 37 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja berbasis proyek, lembar penilaian (kinerja, presentasi, produk), dan rubrik penilaian laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan lembar kerja berbasis proyek terlaksana sangat baik sesuai deskripsi pembelajaran dengan persentase 86%. Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan lembar kerja secara keseluruhan sangat baik dengan nilai rata-rata 89. Keterampilan berpikir kreatif setiap kelompok secara keseluruhan memperoleh level empat dengan kategori sangat kreatif. Dengan demikian, penerapan lembar kerja berbasis proyek dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kefir susu; keterampilan berpikir kreatif; lembar kerja berbasis proyek; sabun; |
Subjects: | Organic Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | LINA FARHANI LINA FARHANI |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 01:47 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 01:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21671 |
Actions (login required)
View Item |