Pengaruh utang Bank jangka pendek dan utang pajak terhadap total liabilitas jangka pendek pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) di PT. Selamat Sempurna Tbk periode 2009-2018

Misbahuddin, Muhammad (2019) Pengaruh utang Bank jangka pendek dan utang pajak terhadap total liabilitas jangka pendek pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) di PT. Selamat Sempurna Tbk periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy

Abstract

Sebuah perusahaan dapat memenuhi kebutuhan dana operasional yang bersumber dari dalam dan juga yang bersumber dari luar, yaitu utang. Kebijakan utang dipilih karena terkadang perusahaan membutuhkan dana tambahan untuk operasionalnya. Salah satu bentuk utang dalam laporan keuangan adalah total liabilitas jangka pendek. Terdapat faktor yang mempengaruhi total liabililtas jangka pendek diantaranya adalah utang bank jangka pendek dan utang pajak. Utang bank jangka pendek merupakan salah satu kebijakan perusahaan dalam menambah modal. Utang pajak merupakan suatu kewajiban perusahaan yang muncul akibat adanya beban pajak yang belum dibayar atau kurang bayar. Apabila utang bank jangka pendek naik maka berbanding lurus dengan kenaikan total liabilitas jangka pendek. Begitupun utang pajak naik berbanding lurus dengan kenaikan total liabilitas jangka pendek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Utang Bank Jangka Pendek secara parsial terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek; 2) Pengaruh Utang Pajak secara parsial terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek; 3) Pengaruh Utang Bank Jangka Pendek dan Utang Pajak secara simultan terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek pada PT. Selamat Sempurna Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows version 25. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Annual Report PT. Selamat Sempurna Tbk. Berdasarkan hasil penelitian. Peneliti memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Utang Bank Jangka Pendek di PT. Selamat Sempurna Tbk secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung < ttabel dengan nilai 0.466 ≤ 2.306 maka H0 diterima dan Ha ditolak. 2) Utang Pajak di PT. Selamat Sempurna Tbk secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek dengan koefisien determinasi sebesar 43.3%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung > ttabel dengan nilai 2.472 ≥ 2.306 maka H0 ditolak dan Ha diterima. 3) Secara simultan, Utang Bank Jangka Pendek dan Utang Pajak di PT. Selamat Sempurna Tbk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek dengan nilai koefisien determinasi sebesar 53.3% selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan Fhitung > Ftabel dengan nilai 3.998 ≤ 4.74. maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: utang bank jangka pendek; utang pajak; total liabilitas jangka pendek;
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Misbahuddin Muhammad
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:58
Last Modified: 25 Jul 2019 07:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21736

Actions (login required)

View Item View Item