Rosmiyati, Risna (2019) Penerapan metode everyone is teacher here untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Al-Anwar Sukasirna Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terjadi di kelas V MI Al-Anwar Sukasirna Kota Tasikmalaya bahwa siswa tidak fokus dan cenderung tidak memperhatikan ketika guru sedang menjelasakan materi pembelajaran sehingga pemahaman siswa masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena guru kurang variatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode konvensional pada saat proses pembelajaran sehingga menimbulkan rasa bosan pada siswa dan pembelajaran menjadi monoton. Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui:(1) Pemahaman siswa kelas V MI Al-Anwar Sukasirna Tasikmalaya pada pembelajaran tematik sebelum diterapkan Metode Everyone is Teacher Here pada setiap siklus, (2) Proses pembelajaran tematik dengan diterapkan Metode Everyone is Teacher Here dikelas V MI Al-Anwar Sukasirna Tasikmalaya pada setiap siklus, (3) Peningkatan pemahaman siswa kelas V MI Al-Anwar Sukasirna Tasikmalaya pada pembelajaran tematik sesudah diterapkan Metode Everyone is Teacher Here pada akhir siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pemahaman belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor salah satunya penerapan metode yang tepat, termasuk metode Everyone is Teacher Here. Berdasarkan asumsi tersebut maka dengan penerapan metode Everyone is Teacher Here diduga dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V MI Al-Anwar Sukasirna pada tema 6 panas dan perpindahannya, subtema 2 perpindahan kalor di sekitar kita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Dilengkapi dengan instrumen berupa silabus, RPP, lembar tes, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Analisis data deskriptif untuk data kualitatif dan analisis statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan analilsis data disimpulkan bahwa (1) pemahaman siswa sebelum menggunakan metode Everyone is Teacher Here masih rendah dengan ketuntasan klasikalnya 24%, (2) penerapan metode Everyone is Teacher Here Aktivitas guru pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 67%, kategori sedang. Aktivitas guru pada siklus II ketuntasan klasikal adalah 96% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 63% dengan kategori sedang, aktivitas siswa pada siklus II ketuntasan klasikal adalah 90% dengan kategori sangat baik.(3) pemahaman siswa setelah menggunakan metode Everyone is Teacher Here mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan klasikal 48% dengan nilai rata-rata siswa 67 masuk ke dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal 80% dengan nilai rata-rata siswa 81 masuk ke dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode everyone is teacher here; pembelajaran tematik; |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Risna Rosmiyati |
Date Deposited: | 12 Jul 2019 07:53 |
Last Modified: | 12 Jul 2019 07:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21755 |
Actions (login required)
View Item |