Rohmah, Siti (2019) Analisis konsepsi siswa kelas XI pada materi asam basa menggunakan instrumen tes four tier multiple choice: Penelitian deskriptif di kelas XI SMA Negeri Wilayah Bandung Timur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis konsepsi siswa terhadap materi asam basa beserta faktor-faktor yang mempengaruhi konsepsi siswa kelas XI SMA Negeri wilayah Bandung Timur. Materi asam basa merupakan konsep dasar untuk memahami konsep larutan penyangga, hidrolisis garam, dan kesetimbangan larutan (Ksp). Melalui instrumen tes four-tier multiple choice, kategori siswa yang paham konsep, tidak paham konsep, miskonsepsi, dan kategori error terhadap materi asam basa dapat diketahui. Hasil uji validasi oleh dosen ahli menunjukkan bahwa instrumen tes four-tier multiple choice dinyatakan valid dan mampu mengukur konsepsi siswa terhadap konsep-konsep yang mewakili keseluruhan materi asam basa (rhitung = 0,9). Hasil analisis seluruh butir soal didapat reliabilitas sebesar 0.65, dan secara keseluruhan hasil analisis konsepsi siswa kelas XI SMA Negeri wilayah Bandung Timur sebanyak 43% tidak paham materi asam basa, 33% mengalami miskonsepsi, 20% paham konsep, dan 4% error. Faktor yang mempengaruhi rendahnya capaian pemahaman siswa terhadap materi asam basa diantaranya ialah karena faktor internal siswa, faktor metode dan media pembelajaran, serta faktor sumber referensi pembelajaran materi asam basa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsepsi; Asam-Basa; Tes Four Tier Multiple Choice; |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Siti Rohmah rohmah |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 02:33 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 02:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21766 |
Actions (login required)
View Item |