Aktivitas santri dalam menghafal Al-Quran hubungannya dengan kepribadian conscientiousness: Penelitian pada Santri Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya

Yuningsih, Yayu (2019) Aktivitas santri dalam menghafal Al-Quran hubungannya dengan kepribadian conscientiousness: Penelitian pada Santri Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya. Disana terdapat aktivitas menghafal Al-Quran yang dilaksanakan setiap hari. Aktivitas ini akan membentuk kepribadian conscientiousness yang baik. Kepribadian ini cenderung kepada sikap disiplin. Dalam aktivitas menghafal Al-Quran seharusnya para penghafal Al-Quran memiliki sikap disiplin yang baik. Namun pada kenyataannya masih ada yang belum menunjukan sikap disiplinnya seperti terlambat mengaji, setoran tidak tepat waktu dan bolos menghafal Al-Quran. Itulah yang menjadi persoalan mengapa hal itu terjadi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas santri menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya, (2) Kepribadian conscientiousness Santri di Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya dan (3) Hubungan antara aktivitas santri menghafal Al-Quran dengan kepribadian conscientiousness mereka di Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya. Penelitian ini diasumsikan bahwa kepribadian conscientiousness berkaitan dengaan aktivitas menghafal Al-Quran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara aktivitas santri dalam menghafal Al-Quran hubungannya dengan kepribadian conscientiousness mereka di Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Sampelnya berjumlah 32 orang santri yang mengikuti program menghafal Al-Quran. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, angket, studi kepustakaan dan wawancara. Analisis datanya menggunakan dua pendekatan yaitu analisis deskriptif dan statistik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, ditemukan bahwa (1) aktivitas santri menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Darussalam Naruggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya termasuk pada kategori tinggi, hal tersebut berdasarkan skor 4,06 berada pada kelas interval 3,40 – 4,19;(2) kepribadian conscientiousness santri di Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya termasuk pada kategori tinggi, hal tersebut berdasarkan skor 4,17 berada pada kelas interval 3,40 – 4,19; (3) hubungan aktivitas santri menghafal Al-Quran dengan kepribadian conscientiousness santri di Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah Tasikmalaya termasuk kategori sangat rendah, dengan koefisien korelasi 0,084 yang berada pada skala korelasi 0,000 – 0,199. Hipotesisnya diterima, berdasarkan hasil thitung (0,439) > ttabel (0,349) dan derajat pengaruhnya sebesar 33%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Quran; kepribadian; Conscientiousness;Santri
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Planning, Anaysis, Engineering Design > General Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yayu Yuningsih
Date Deposited: 22 Jul 2019 02:16
Last Modified: 22 Jul 2019 02:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21943

Actions (login required)

View Item View Item