Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan: Penelitian pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018

Nuraini, Mirradha (2019) Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan: Penelitian pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen perusahaan yang telah go public bertanggung jawab dalam memaksimalkan nilai perusahaan agar mampu memaksimalkan return pemilik perusahaan. Salah satu cara dalam memaksimalkan nilai perusahaan adalah meningkatkan kinerja perusahaan yang dapat diukur melalui rasio-rasio keuangan. Maka perlu diteliti rasio keuangan apa saja yang mempengaruhi nilai perusahaan sehingga menjadi pertimbangan bagi manajemen dan pemilik perusahaan. Terdapat dua rasio keuangan yang dapat dijadikan rujukan dalam melihat kondisi kinerja perusahaan karena dianggap dapat merepresentasikan analisis awal tentang kondisi sebuah perusahaan yaitu rasio likuiditas, dan rasio profitabilitas. Pada penelitian ini rasio yang digunakan adalah Current Ratio sebagai proksi dari rasio likuiditas, dan Return On Assets sebagai proksi dari rasio profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio keuangan Current Ratio, dan Return On Assets terhadap nilai perusahaan pada perusahaan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh secara historis dalam laporan keuangan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggambarkan analisis suatu hasil yang kemudian menguji hipotesis dari data dan fakta yang ada. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan alat bantu SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Current Ratio tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dengan nilai t-hitung 1,288< t-tabel 1,812 dan nilai sig. sebesar 0,239>0,05. Return On Assets berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dengan nilai t-hitung 6,058>t-tabel 1,812 dan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05. Current Ratio, secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dengan diperolehnya nilai F hitung sebesar 63,679 yang lebih besar dari nilai F tabel yaitu 4,10 dan nilai sig. sebesar 0,000<0.05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Return On Assets; Nilai Perusahaan; Tobins’Q;
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > General Publications of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mirradha Nuraini
Date Deposited: 19 Jul 2019 02:36
Last Modified: 19 Jul 2019 02:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21949

Actions (login required)

View Item View Item