Sistem Jual Beli Followers Di Instagram Perspektif Imam Syafii dan Abu Hanifah

Maesaroh, Mimi (2019) Sistem Jual Beli Followers Di Instagram Perspektif Imam Syafii dan Abu Hanifah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. abtrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
8. daftar isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. bab i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
4. bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli adalah bagian dari fiqh muamalah yang dibolehkan sepanjang jual beli tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Pada kenyataannya, seiring berkembang zaman, ada praktek jual-beli yang tidak dikenal oleh hukum Islam, yaitu jual beli followers. Jual beli ini menjualkan barang yang tidak masuk kepada spesifikasi syarat objek jual beli dalam Islam, terutama ketentuan yang dijelaskan oleh Imam Syafi’i dan Abu Hanifah dalam cara memperoleh barangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sistem jual beli followers di Instagram, (2) ketentuan jual beli menurut Imam Syafi’i dan Abu Hanifah, (3) analisis jual beli followers perspektif Imam Syafi’i dan Abu Hanifah. Penelitian ini bertitik tolak pada pemikiran bahwa dalam transaksi jual beli harus dilakukan dengan saling merelakan, selain itu rukun dan syarat yang menjadi tolak ukur apakah jual beli tersebut sah atau tidak seperti pemenuhan rukun dan syarat jual beli yang telah di tetapkan oleh Imam Syafi’i dan Abu Hanifah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Penelitian ditekankan pada penelusuran di Instagram juga penelaahan kitab dan literatur yang difokuskan terhadap rukun dan syarat jual beli menurut Abu Hanifah dan Imam Syafi’i, maka penelitian ini menggunakan metode pendukung studi kepustakaan (Liblary Reaserch). Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Law > Comparative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: MIMI MAESAROH
Date Deposited: 19 Jul 2019 07:24
Last Modified: 19 Jul 2019 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21953

Actions (login required)

View Item View Item