Arifin, Muhammad (2018) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu dalam meningkatkan mutu pembelajaran: Studi SDIT Ibadurrahman Serang dan SDIT As Syukriah Tangerang Banten. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (476kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan bermutu yang ditandai dengan tingginya minat mereka untuk menyekolahkan anak pada sekolah-sekolah unggulan. Untuk mewujudkan pendidikan bermutu dibutuhkan kepala sekolah yang memiliki wawasan dan pengalaman yang cukup. Keberadaaan sekolah dasar Islam terpadu menjadi harapan baru bagi dunia pendidikan, khususnya pendidikan dasar. Namun kenyataannya masih terdapat kepala sekolah yang belum memahami standar mutu Sekolah Dasar Islam Terpadu di Banten dengan baik dan belum mampu menjelaskannya kepada guru, sehingga pembelajaran belum sepenuhnya berdampak terhadap peningkatan mutu sekolah dasar islam terpadu. Dalam penelitian ini ada beberapa rumusan masalah diantaranya adalah: Bagaimana profil SDIT Ibadurrahman Serang dan SDIT As Syukriah Tangerang Banten? Bagaimana Program Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu dalam meningkatkan mutu pembelajaran? Bagaimana Impelementasi Program Peningkatan Mutu pembelajaran di SDIT SDIT Ibadurrahman Serang dan SDIT As Syukriah Tangerang Banten? Bagaimana tipe kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu di SDIT Ibadurrahman Serang dan SDIT As Syukriah Tangerang Banten? Bagaimana dampak kepemimpinan kepala sekolah Dasar Islam Terpadu dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Provinsi Banten? Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu di SDIT Ibadurrahman Serang dan SDIT As Syukriah Tangerang Banten? Bagaimana hasil yang dicapai kepala sekolah dalam meningkatkan mutu di SDIT Ibadurrahman Serang dan SDIT As Syukriah Tangerang Banten? Berdasarkan beberapa rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model kepemimpinan Kepala sekolah Dasar Islam Terpadu yang efektif dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis dalam hal ini peneliti mengumpulakan data, mengolah data, dan menganalisis data, yang kemudian dideskripsikan secara naratif dan dikaitkan dengan manajemen pendidikan islam. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) profil Sekolah Dasar Islam Terpadu di provinsi Banten sudah cukup baik. (2) Program Kepala SDIT Ibadurrahman Serang dan SDIT As Syukriah Tangerang Banten bervariatif. (3) Implementasi Progaram Kepemimpinan kepala SDIT Ibadurrahman dan SDIT Asyukriyah Tangerang Banten dapat melaksanakan tugas dengan baik terutama dalam meningkatan mutu pembelajran. (4) Tipe kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu bersifat demokratis. (5) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kepemiminan kepala sekolah dasar Islam terpadu di SDIT Ibadurrahman Serang dan SDIT As Syukriah Tangerang Banten antara lain yaitu dukungan masyarakat terhadap sekolah Islam terpadu sangat tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru belum melaksanakan pembelajaran menggunakan IT dan penguasaan kurikulum dan penilaian K13. (6) Hasil yang dicapai kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran sangat memuaskan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya model kepemimpinan kepala sekolah dasar islam terpadu yang efektif pada sekolah dasar islam terpadu di provinsi banten. Hasil penelitian ini berimplikasi pada diperlukannya model kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dan pengembangan kepemimpinan kolektif yang mampu mengembangkan nilai-nilai Islam.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan; Kepala Sekolah; Mutu Pembelajaran; |
Subjects: | Knowledge > UNESCO Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhammad Arifin |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 06:01 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 06:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21968 |
Actions (login required)
View Item |