Tindak pidana penyertaan dalam Pasal 76 C Undang-Undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak perspektif hukum pidana Islam

Rahmawati, Desi (2017) Tindak pidana penyertaan dalam Pasal 76 C Undang-Undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak perspektif hukum pidana Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI 3.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)

Abstract

Tindak pidana penyertaan adalah turut sertanya seorang dalam perbuatan menyertai proses, dan cara keikutsertaannya dalam melakukan tindak pidana baik secara langsung maupun tidak langsung. Tindak pidana penyertaan kekerasan terhadap anak terdapat dalam Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, dan sanksinya terdapat dalam Pasal 80 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Para Fuqaha membedakan tindak pidana penyertaan menjadi dua bagian, yaitu: orang yang berbuat langsung dalam melakukan jarimah (syarik mubasyir), dan orang yang tidak berbuat langsung dalam melakukan jarimah (syarik mutasabbib). Dalam Undang-Undang perlindungan anak, tindak pidana penyertaan akan diberikan sanksi yang berat terhadap pelaku akan tetapi dalam kenyataannya masih terdapat kasus tindak pidana penyertaan kekerasan terhadap anak. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui tindak pidana penyertaan dalam Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak; 2) Untuk mengetahui sanksi tindak pidana penyertaan dalam Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak perspektif hukum pidana Islam; 3) Untuk mengetahui relevansi sanksi tindak pidana penyertaan dalam Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak dengan hukum pidana Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analisis (analisis isi). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini adalah; 1) Tindak pidana dalam Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, membagi keadaan pelaku menjadi 5 yaitu: pelaku (pleger), pelaku turut serta (medepleger), penyuruh (doenpleger), penganjur (uitlokker), dan pembantu (medeplichtige) tindak pidana kekerasan terhadap anak; 2) Sanksi dalam Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak semua diberikan hukuman yang sama yaitu penjara dan atau denda bagi pelaku, pelaku turut serta, penyuruh, penganjur dan pembantuan. Dalam hukum pidana Islam pelaku turut serta langsung baik tamalu’ atau tawafuq dihukum dengan hukuman qishash/diyat, dan bagi pelaku turut serta tidak langsung dihukum ta’zir; 3) Relevansi sanksi dalam Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak dengan hukum pidana Islam terdapat persamaan dalam sanksi preventif yaitu pengaturan sanksi pencegahan melakukan tindak pidana penyertaan, dan tidak relevan dalam sanksi refresif karena Undang-Undang perlindungan anak menyamaratakan sanksi terhadap pelaku, sedangkan dalam hukum pidana Islam sanksinya qishash/diyat dan ta’zir sesuai dengan tingkat perbuatannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fuqaha; Tindak Pidana; Sanksi; Perlindungan Anak;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:51
Last Modified: 22 Jul 2019 03:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21994

Actions (login required)

View Item View Item