Pengaruh pemberian media dengan kandungan protein yang berbeda terhadap pertumbuhan dan Reproduksi Lalat Tentara hitam (H. illucens)

Adawiyah, Yasfi Robiatul (2019) Pengaruh pemberian media dengan kandungan protein yang berbeda terhadap pertumbuhan dan Reproduksi Lalat Tentara hitam (H. illucens). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy

Abstract

Pada umumnya, penelitian tentang pertumbuhan H. illucens menggunakan satu jenis media pakan, sehingga penelitian ini fokus terhadap efek penggantian media pakan dengan kandungan protein yang berbeda terhadap pertumbuhan dan sukses reproduksi H. illucens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan sukses reproduksi H. illucens yang dipelihara pada media yang mengandung protein yang berbeda. Metode penelitian ini terdiri atas beberapa perlakuan yaitu: media pakan ayam, limbah ampas tahu, limbah buah-buahan, limbah ampas tahu ke limbah buah-buahan, dan limbah buah-buahan ke limbah ampas tahu. Pergantian media pakan pada perlakuan dari limbah ampas tahu ke limbah buah-buahan dan dari limbah buah-buahan ke limbah ampas tahu dilakukan setelah larva berusia 16 hari. Setiap ulangan berisi 100 ekor larva yang diberi media pakan sebanyak 100 gram. Parameter yang diamati yaitu laju pertumbuhan, jumlah jantan dan betina, fertilitas, dan fekunditas. Pengamatan pertumbuhan dan penggantian media pakan dilakukan 3 hari sekali. Pengamatan fekunditas dan fertilitas dilakukan dengan cara mengawinkan 80 pasang H. illucens pada setiap perlakuan. Data yang diperoleh dianalis menggunakan uji ANOVA, jika terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan dengan tarap signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukan limbah ampas tahu ke limbah buah-buahan merupakan perlakuan terbaik ditunjukan dengan nilai laju pertumbuhan (panjang 18,49 mm, lebar 4,67 mm, dan bobot 129 mg), jumlah jantan 198 ekor, jumlah betina 220 ekor. Selain itu nilai fekunditasnya 230 butir/betina, dan fertilitas sebanyak 93%. Simpulannya pergantian media dari limbah ampas tahu (protein tinggi) ke limbah buah-buahan (protein rendah) merupakan media yang paling efektif, sehingga berpotensi untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: protein; lalat tentara hitam; ampas tahu
Subjects: Insect Culture
Insect Culture > Bee Keeping, Apiculture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Yasfi Robiatul
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:22
Last Modified: 22 Jul 2019 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22000

Actions (login required)

View Item View Item