Pengaruh strategi heuristik dengan strategi ekspositoris terhadap pemahaman siswa kelas viii pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smpn 2 cilengkrang

Hamdani, Asep (2016) Pengaruh strategi heuristik dengan strategi ekspositoris terhadap pemahaman siswa kelas viii pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smpn 2 cilengkrang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 2 Cielngkrang Kabupaten Bandung melalui pengamatan secara langsung serta wawancara guru mata pelajaran PAI, diperoleh informasi mengenai rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang dibuktikan seperti hasil ulangan yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kemungkinan penyebabnya pembelajaran masih menggunakan strategi dan metode ceramah. Oleh karena penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih dalam mengenai hal ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi heuristik dan strategi ekspositoris pada materi hukum bacaan kalkalah dan ra. Serta perbedaan pemahaman belajar siswa ini setelah mendapatkan strategi heuristik dan strategi ekspositoris. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa pemahaman belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih strategi dan metode pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih strategi heuristik dan strategi ekspositoris. Strategi heuristik dalam prakteknya adalah pengolahan materi diolah oleh siswa dengan bantuan guru. Pengolahan materi yang dimaksud disini adalah materi pelajaran tidak disajikan secara tuntas oleh guru dengan maksud agar diolah oleh para siswa dengan bantuan guru. Sedangkan strategi ekspositoris adalah strategi pembelajaran dimana siswa mendengarkan penjelasan materi pelajaran sekaligus siswa dapat melihat/melalui pelaksanaan demontrasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan sampel masing-masing berjumlah 38 siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes pretest dan Posttes yang berjumlah 25 butir soal. Sedangkan teknik analisis data diperoleh melalui perhitungan statistik yaitu dengan uji normalitas, homogenitas dan perbandingan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi heuristik dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sub materi hukum bacaan kalkalah dan ra. Hal ini terbukti dari deskripsi data pretest kelas eksperimen didapatkan mean sebesar 60,29, dan kelas kontrol sebesar 57,79. Namun setelah diberikan perlakuan dan uji posttest kelas eksperimen mendapatkan mean sebesar 79,53, sedangkan kelas kontrol sebesar 67,76. Berdasarkan data tersebut, dapat dilihat bahwa kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata Gain 19,24, sedangkan pada kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata Gain 9,97. Sedangkan analisis data dengan menggunakan statistik uji perbandingan diperoleh nilai thitung = 5,802 dan ttebel = 1,995, sehingga thitung > ttabel. Data ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara yang menggunakan startegi heuristik dengan strategi ekspositoris. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi heuristik terhadap pemahaman siswa kelas VIII di SMPN 2 Cilengkrang Bandung

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; pelajaran; heuristik; PAI; Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 22 Jul 2019 06:39
Last Modified: 04 Feb 2020 08:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22047

Actions (login required)

View Item View Item