Rudianto, Apip (2012) Implementasi program bimbingan keagamaan petuah dalam mengantisipasi kenakalan remaja di Madrasah Aliyah (MA) Ar-Rosyidiyah Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
Abstract
Pada dasarnya sekolah merupakan lembaga tempat dilangsungkannya pendidikan, melalui pendidikan di sekolah siswa di didik baik dari aspek akhlak, psikologis, maupun perilakunya terlebih pada sekolah berbasis keagamaan bahwa pola pendidikan akhlaknya sudah barang tentu menjadi prioritas utamanya. Namun fakta dilapangan menunjukan adanya beberapa bentuk kenakalan remaja baik bentuk kenakalan yang ringan hingga yang terberat. Oleh karena itu diperlukan program yang bertujuan untuk mengantisipasi kenakalan remaja tersebut, salah satunya melalui program bimbingan keagamaan petuah (pesantren sabtu ahad) seperti yang ada di MA Ar-Rosyidiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana bentuk kenakalan remaja di MA Ar-Rosyidiyah, 2) apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kenakalan remaja di MA Ar-Rosyidiyah, 3) bagaimana rancangan program bimbingan keagamaan petuah dalam mengantisipasi kenakalan remaja di MA Ar-Rosyidiyah, 4) bagaimana implementasi program bimbingan keagamaan petuah dalam mengantisipasi kenakalan remaja di MA Ar-Rosyidiyah. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan keagamaan merupakan proses pemberian bantuan kepada seseorang yang mengalami kesulitan lahir maupun batin supaya dalam kehidupannya sejalan dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT. Untuk melakukan bimbingan keagamaan tersebut memerlukan metode atau teknik yang tepat dan efektif dan dianggap baik (ma’ruf), sejauh metode dan teknik tersebut tidak bertentangan dengan norma ajaran Islam. Penelitian ini menggunkan metode penelitian deskriptif, sedangkan teknik yang diambil dalam mengumpulkan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dalam rancangan program bimbingan petuah dalam mengantisipasi kenakalan remaja dilakukan dengan beberapa tahap, diantaranya menyusun studi kelayakan, penyusunan program bimbingan, konsultasi usulan program bimbingan, penyediaan fasilitas, penentuan sarana personil dan pembagian tugas, dan penyediaan anggaran biaya. Sedangkan dalam implementasinya terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu: cheking peserta dan pengarahan, sholat maghrib berjamaah, pengarahan dari kepala madrasah, sholat isya berjama’ah, mengaji bersama, penyampaian materi dan diskusi kelompok, istirahat, tahajud dan tadarus, sholat shubuh berjamaah, ujian praktek ibadah dan hafalan, clean up room together. Berdasarkan temuan penelitian menunjukan dalam rancangan program petuah masih ditemukan kendala seperti, dalam penyusunan program bimbingan petuah serta dalam aspek pembiayaan serta dalam segi implementasinya, kendala yang ditemukan yaitu mengenai materi petuah dan kehadiran. Sedangkan temuan yang didapatkan mengenanai bentuk kenakalan remaja yaitu perilaku bolos dan minggat dari sekolah sedangkan faktor penyebab dari kenakalan remaja yaitu faktor dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Kesimpulan dari program petuah dalam mengantisipasi kenakalan remaja bisa dikatakan optimal, karena implemenatasi program petuah ini sudah sesuai dengan rancangan program bimbingan petuah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan keagamaan; Pembinaan Remaja; |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 00:17 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 01:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2206 |
Actions (login required)
View Item |