Reformasi filsafat dalam kancah pemikiran kalam

Komarudin, Didin (2011) Reformasi filsafat dalam kancah pemikiran kalam. WAWASAN: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 34 (1). pp. 26-34. ISSN 0215-109X

[img]
Preview
Text (Full Text)
KARYA ILMIAH NO. 10.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

wacana reformasi menggaung di Indonesia sekitar tahun 1998 dengan adanya gerakan reformasi praktis dengan turunya mahasiswa ke jalan khususnya, umumnya warga negara yang menolak kebijakan pemerintah dalam hal ini pemimpin orde baru. Kata reformasi berlaku pula di dunia intelektual yang merubah dan mengubah pemikiran yang lama atau tradisional ke pemikiran baru atau kontemporer atau istilah lain diadakannya rekontruksi dan dekontruksi pemikiran. Untuk mendapatkan pemikiran yang sesuai dengan perubahan waktu, seperti tema yang diangkat pada jurnal kali ini. Reformasi pemikiran filsafat terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman, di mana dalam pendefinisian kata filsafat setiap tokoh berbeda, antara yang satu dengan yang lainnya. Ini menandakan betapa luasnya bahasan filsafat. Dan kalau ditarik ke dalam kancah panggung pemikiran kalam yang sama-sama mempunyai metodologi, baik itu metodologi penelitian filsafat maupun metodologi penelitian kalam. Gerakan reformasi penerjemahan ini di kalangan umat Islam melahirkan semacam tradisi filsafat baru di bidang pemikiran, yang kemudian disebut sebagai filsafat Islam. Ditandai dengan munculnya tokoh-tokoh metakalimin sekaligus filosuf Islam saeperti al-Kindi, al-Farabi, Ar-razi, Ibn Sina dan lain sebagainya, merupakan bintang-bintang filosuf Islam yang menjadikan filsafat Yunani sebagai kerangka berpikir atau dialektika falsafi mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Reformasi; Pemikiran; Filsafat; Kalam
Subjects: Islam > Islam and Philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Didin Komarudin
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:10
Last Modified: 05 Aug 2019 08:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22081

Actions (login required)

View Item View Item