Proses bimbingan keagamaan dalam upaya mencegah perilaku bullying: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut Jl. Pembangunan No. 144 Garut

Sungkawa, Dadang (2012) Proses bimbingan keagamaan dalam upaya mencegah perilaku bullying: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut Jl. Pembangunan No. 144 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Kondisi remaja yang sedang mengalami pubertas, dan masa labil senantiasa dibayang-bayangi oleh ketidak pastian. Ketidakpastian ini akibat dampak dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak disertai dengan iman dan taqwa, maka bimbingan keagamaan sangat diperlukan untuk membentengi dampak negatif yang dihadapi oleh para remaja. Kenyataan ini bisa teramati dampaknya terhadap siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut yang masih melakukan perilaku bullying. Dalam melakukan kegiatan tidak terlepas dari 5 unsur bimbingan yaitu, pembimbing, klien, metode, media dan materi. Sehingga dengan adanya kelima unsur itu proses bimbingan dapat berjalan dengan lancar dan berhasil dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi awal perilaku bullying, proses bimbingan keagamaan dalam upaya mencegah perilaku bullying dan hasil bimbingan keagamaan terhadap siswa dalam upaya mencegah perilaku bullying. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran yaitu siswa tidak melakukan perilaku bullying setelah siswa-siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut menerima bimbingan keagamaan yang diberikan oleh para pembimbing. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data bertumpu pada observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan menyusun seluruh data yang diperlukan, mengklasifikasikan data-data yang sudah terkumpul sesuai dengan jenis masing-masing, setelah data diklasifikasikan menurut jenisnya data dihubungkan antara yang satu dengan data yang lain, langkah selanjutnya ditafsirkan dan langkah terahir disimpulkan. Hasil penelitian menujukan bahwa pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam upaya mencegah perilaku bullying di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut dilakukan secara khusus pada hari selasa dan kamis, dan selain hari selasa dan kamis secara intens dilakukan setiap jam pelajaran oleh walikelas dan guru-guru, termasuk siswa yang dianggap mampu membimbing temannya. Dalam melakukan bimbingan digunakan metode wawancara, tanya jawab, bimbingan kelompok, pesantren kilat, direktif (mengarahkan), dan non-direktif (tidak mengarahkan). Hasil yang dicapai dari proses bimbingan keaagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut adalah siswa-siswa tidak melakukan perilaku bullying sekalipun masih terdapat beberapa permasalahan bullying yang perlu di selesaiakan, hal ini disebabkan oleh faktor kurangnya pengetahuan para pembimbing tentang bullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan; bullying;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 00:35
Last Modified: 20 Feb 2019 02:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item View Item