Peranan Kelompok Kerja Majelis Taklim (KKMT) dalam pemberdayaan kesejahteraan sosial: Penelitian di KKMT Kecamatan Cibiru, Kota Bandung

Nurjanah, Nunung (2019) Peranan Kelompok Kerja Majelis Taklim (KKMT) dalam pemberdayaan kesejahteraan sosial: Penelitian di KKMT Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpusaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

Sebuah organisasi atau kelompok hendaklah memberikan solusi bagi masyarakat baik itu secara internal kepada kelompok itu sendiri maupun secara eksternal kepada kelompok di luarnya atau masyarakat secara umum. Pemberdayaan merupakan upaya dalam meningkatkan kesejahtreaan masyarakat, maka pemberdayaan suatu hal yg perlu dilakukan melalui program-program Kelompok Kerja Majelis Taklim (KKMT). KKMT di Kecamatan Cibiru Kota Bandung merupakan suatu kelompok organisasi islam, Kelompok ini bukan hanya sebagai kelompok pengajian urban biasa, majelis dzikir dan sebagainya, namun kelompok ini mampu berperan dalam aspek pemberdayaan sosial yaitu di bidang kesejahteraan. Pemberdayaan merupakan upaya dalam meningkatkan kesejahtreaan masyarakat, maka dari pemberdayaan, suatu hal yg perlu dilakukan melalui program-program Kelompok Kerja Majelis Taklim ( KKMT) Kecamatan Cibiru. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis rencana Kelompok Kerja Majelis Taklim (KKMT) dalam pemberdayaan kesejahteraan social , menganalisis pula terhadap pelaksanaan program KKMT serta keberhasilan KKMT dalam pemberdayaan kesejahteraan sosial Kecamatan Cibiru. Pada penelitian ini yang berkaitan dengan pemberdayaan yakni menggunakan teori dari Agus Effendi ada tiga komplek pemberdayaan yakni pemberdayaan dalam tatanan ruhaniah, intelektual, ekonomi. Keberhasilan pemberdayaaan kesejahteraan sosial serta didukung pula oleh teori peranan dan juga teori yang berkaitan dengan kemasyarakatan dan keagamaan. Metode penelitian mengenai KKMT Kecamatan cibiru ini menggunakan metode penelitian jenis data kualitatif metodenya deskriptif, menjadikan data yang didapat diukur secara akhir dengan kualitasnya, sedangkan teknik analisa datanya digunakanlah metode sampling, yaitu menguji data data yang terkumpul dari masyarakat dan Majelis taklim sebagai gambaran umum kualitas majelis taklim yang ada di kecamatan Cibiru. Hasil penelitian bahwa KKMT kecamatan Cibiru merencanakan pemberdayaan dengan melaksanakan beberapa program diantaranya ,pertama Rohaniah berupa taklim rutin sholat Khusu,tahsin, tilawah, sosial berupa sedekah jumat berkah berbagi rejeki, Kedua intelektual pelatihan tilawah, kajian pake media teknologi,pelatihan usaha muslim modern one line. Ketiga Ekonomi berupa pelatihan kewirausahaan, Koperasi Syariah berupa pelatihan membuat telor asin, nugget dan sosis sehat. Melalui Program tersebut benar-benar telah berdampak pada pemberdayaan sosial, baik itu kepada kaum yatim dan dhuafa di sekitarnya maupun kepada masyarakat yang kurang mampu di lingkungannya. Sehingga kelompok ini betul-betul berperan dalam memberdayakan kesejahteraan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan Kelompok Kerja Majelis Taklim (KKMT); pemberdayaan kesejahteraan sosial;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: nunung nurjanah
Date Deposited: 24 Jul 2019 08:51
Last Modified: 24 Jul 2019 08:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22101

Actions (login required)

View Item View Item