Evaluasi kesesuaian dan keandalan setting Over Current Relay (OCR) pada Feeder Ujungberung Zipur Coklat (UZC) di Gardu Induk (GI) Ujungberung Bandung

Kharis, Maulana Norman (2017) Evaluasi kesesuaian dan keandalan setting Over Current Relay (OCR) pada Feeder Ujungberung Zipur Coklat (UZC) di Gardu Induk (GI) Ujungberung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text (BAB VI)
9_Bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Feeder merupakan saluran yang mendistribusikan tenaga listrik dari gardu induk sampai ke gardu distribusi. Namun feeder sangat rentan terkena gangguan, terutama Saluran Udara Tegangan Menengah(SUTM). Gangguan yang sering terjadi diantaranya gangguan hubung singkat(Short Circuit). Melokalisir gangguan yang terjadi sangat penting, sehingga apapun penyebabnya setiap kegagalan penyaluran energi listrik dapat menyebabkan kerugian bagi masyarakat. Kerugian tersebut dalam bentuk terhentinya produktivitas kerja. Selain itu bagi perusahaan listrik sendiri kegagalan penyaluran listrik berarti tidak dapat menjual energi listriknya secara maksimal. Oleh karena itu diperlukan sistem proteksi yang memenuhi persyaratan sensitifitas, keandalan, selektifitas, dan kecepatan. Persyaratan tersebut tergantung dari ketepatan setting peralatan proteksinya. Peralatan proteksi yang biasa digunakan untuk penyulang tegangan menengah adalah over current relay (OCR). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi over current relay pada feeder Ujungberung Zipur Coklat (UZC) di gardu induk Ujungberung. PT.PLN(Persero) telah menentukan setting pada relai tersebut, namun perlu dilakukan evaluasi pada setting milik PT.PLN(Persero) untuk dapat mengetahui keandalan relai. Setting relai dilakukan berdasarkan standar IEC 60255. Dengan menggunakan data yang diperoleh dari PT.PLN(Persero) dapat ditentukan setting relai arus lebih yang terpasang pada feeder UZC dan di sisi incoming trafo-4 150/20 kV di gardu induk Ujungberung. Dari hasil analisis perbandingan menggunakan parameter-parameter berdasarkan standar IEC menunjukkan bahwa setting arus dan Time Multiple Setting (TMS) over current relay milik PT.PLN(Persero) berada tidak jauh dari Standar IEC 60255 sebesar 10%. Sehingga dapat dikatakan bahwa setting over current relay pada feeder Ujungberung Zipur Coklat (UZC) masih dapat mengamankan sistem jika terjadi gangguan hubung singkat. Dengan cara memberikan instruksi kepada pemutus tenaga untuk memisahkan sistem yang mengalami gangguan dari sistem yang normal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Over Current Relay; Feeder; Standar IEC 60255;
Subjects: Electricity > Theories of Electricity
Electricity > Electrodinamics, Electric Current
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 23 Jul 2019 01:33
Last Modified: 23 Jul 2019 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22119

Actions (login required)

View Item View Item