Pelaksanaan akad musyarakah dan penentuan expected return dalam pembiayaan dana berputar di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Buah Batu

Sambas, Sambas (2017) Pelaksanaan akad musyarakah dan penentuan expected return dalam pembiayaan dana berputar di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Buah Batu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)

Abstract

Bank Syariah Mandiri memberikan fasilitas Pembiayaan Dana Berputar (PDB) yang merupakan pembiayaan untuk modal kerja dengan menggunakan akad musyarakah. Setiap keuntungan mitra dalam pembiayaan dana berputar harus dibagikan secara proporsional atas dasar seluruh keuntungan dan tidak ada jumlah yang ditentukan di awal yang ditetapkan bagi seorang mitra. Akan tetapi dalam praktek pembiayaan di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Buah Batu Bandung pada saat perjanjian pembiayaan dilaksanakan, bank sudah dapat menentukan secara pasti keuntungan yang akan diperoleh, walaupun usaha belum berjalan. Baik usaha tersebut mengalami untung atau mengalami kerugian, bank mendapatkan keuntungan yang pasti yaitu besaran expected return (ekspetasirate) merupakan kemampuan bank dalam menentukan tingkat investasi atau keuntungan yang diharapkan. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa sistem bagi untung dan rugi dalam musyarakah berlaku ketentuan apabila usaha yang dijalankan memperoleh keuntungan, maka pembagiannya didasarkan nisbah bagi hasil yang disepakati para pihak yang berserikat. Apabila usaha yang dijalankan mengalami kerugian, maka pembagian didasarkan menurut porsi modal masing-masing pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan akad musyarakah dalam pembiayaan dana berputar di Bank Syariah Mandiri KCP Buah Batu Bandung, untuk mengetahui proses penetapan expected return pada akad musyarakah dalam Pembiayaan Dana Berputar di Bank Syariah Mandiri KCP Buah Batu Bandung, dan untuk mengetahui harmonisasi produk pembiayaan dana berputar menggunakan akad musyarakah dengan fatwa DSN MUI No. 08/DSNMUI/IV/2000. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan menggambarkan atau melukiskan secara sistematis, faktual mengenai ketentuan syariah dalam produk pembiayaan dana berputar. Dalam menganalisa data dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan dengan adanya penentuan expected return yang dihitung dari total pembiayaan, maka pada saat perjanjian pembiayaan dilaksanakan, bank sudah dapat menentukan secara pasti keuntungan yang akan diperoleh, walau usahanya belum berjalan, serta tidak disepakati pembagian kerugian sehingga pihak bank hanya ingin untung tetapi tidak ingin rugi. Hal ini menunjukan ketidak harmonisan dengan Fatwa DSN No. 08/DSN-MUI/IV/2000 pasal 3 poin (c), yang seharusnya keuntungan dibagikan secara proporsional atas dasar seluruh keuntungan dan tidak ada jumlah yang ditentukan di awal yang ditetapkan seorang mitra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad musyarakah; expected return; dana berputar;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 23 Jul 2019 04:01
Last Modified: 23 Jul 2019 04:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22130

Actions (login required)

View Item View Item