Penerapan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor

Zahra, Siti Munibah (2017) Penerapan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (906kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 27 Bandung, menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran, siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini berimplikasi pada pemahaman konsep siswa yang kurang pada pelajaran fisika. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: keterlaksanaan model pembelajaran ICI pada materi kalor dan perpindahan kalor dan peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor dengan menggunakan model pembelajaran ICI. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMAN 27 Bandung. Metode penelitian adalah pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi seluruh siswa kelas X berjumlah 4 kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dimana sampel yang diambil adalah kelas X MIA 3 sebanyak 30 siswa. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, selama tiga kali pertemuan dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 93,35% kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 83,79% kategori baik. Begitu juga terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ICI dengan peningkatan sebesar 0,59 termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran ICI dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ICI; pemahaman konsep; kalor; perpindahan kalor;
Subjects: Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Physics > Theories and Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:15
Last Modified: 24 Jul 2019 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22180

Actions (login required)

View Item View Item