Penerapan model pembelajaran inquiry-based science instruction untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi alat optik

Maspupah, Siti (2015) Penerapan model pembelajaran inquiry-based science instruction untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi alat optik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 26 Bandung, menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran, peserta didik terlihat pasif dalam pmbelajaran dan kesulitan dalam menginterpetasikan suatu besaran. Hal ini berimplikasi pada hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Inquiry-Based Science Instruction (IBSI) serta peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran IBSI pada materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di kelas X MIA SMAN 26 Bandung. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X yang berjumlah lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIA-1 dengan jumlah peserta didik 30 orang. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh dari lembar observasi, selama tiga pertemuan rata-rata aktivitas guru adalah 100% kategori sangat baik, sedangkan rata-rata keterlibatan aktivitas peserta didik adalah 75,47% kategori baik. Selain itu, terjadi peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi alat optik dengan nilai N-gain sebesar 0,63 yang termasuk kategori sedang. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa z_(hitung >) z_tabel(4,47 > 1,69) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran inquiry-based science instruction pada materi alat optik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: inquiry-based science instruction; model belajar; fisika; kognitif; optik
Subjects: Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:23
Last Modified: 07 Feb 2020 05:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22181

Actions (login required)

View Item View Item