Pengaruh kas dan setara kas dan piutang piutang usaha pihak ketiga terhadap jumlah aset lancar pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) PT Astra International Tbk periode 2013-2017

Najah, Novi Patihatun (2019) Pengaruh kas dan setara kas dan piutang piutang usaha pihak ketiga terhadap jumlah aset lancar pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) PT Astra International Tbk periode 2013-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semangat dalam mengembangkan industri pasar modal di Indonesia terkhusus saham syariah karena Bursa efek merupakan tolak ukur maju dan mundurnya sebuah sistem perekonomian. Pasar modal dikatakan memiliki fungsi keuangan karena pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh asset bagi pemilik dana sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih. Investasi dan modal merupakan indikator yang penting bagi perusahaan dalam mendapatkan keuntungan. Sebelum memutuskan berinvestasi, calon investor akan menilai kinerja perusahaan melalui laporan keuangan. Kas dan Setara Kas merupakan salah satu alat ukur dalam menilai kinerja perusahaan yang naik-turunnya penjualan akan berdampak pada keuntungan yang diperoleh perusahaan. Piutang Usaha Pihak Ketiga digunakan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kas dan Setara Kas secara parsial terhadap Jumlah Aset Lancar; 2) Pengaruh Piutang Usaha Pihak ketiga secara parsial terhadap Jumlah Aset Lancar; 3) Pengaruh Kas dan Setara Kas dan Piutang Usaha Pihak Ketiga secara simultan terhadap jumlah aset lancar pada PT. Astra International, Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang di dapat dari Laporan Publikasi Tahunan Ikhtisar Keuangan 2013-2017 PT Astra International Tbk di website https:/ /www .astra.co.id/About-Astra. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Asosiatif dan Analisis Komparatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kas dan Setara Kas PT Astra International, Tbk secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Jumlah Aset Lancar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 91%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung ≤ ttabel dengan nilai 2,101 ≤ 2,228 maka Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Piutang Usaha Pihak Ketiga di Kas PT Astra International, Tbk secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Jumlah Aset Lancar dengan koefisien determinasi sebesar 19%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung ≤ ttabel dengan nilai 2,078 ≤ 2,110 maka Ha ditolak dan Ho diterima. 3) Secara simultan, Kas dan Setara Kas dan Piutang Usaha Pihak Ketiga di PT Astra International, Tbk berpengaruh positif signifikan terhadap Jumlah Aset Lancar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 97% selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan Fhitung ≥ Ftabel dengan nilai 281,751 ≥ 3,59 maka Ha diterima H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kas dan Setara Kas; Piutang Usaha Pihak Ketiga; Jumlah Aset Lancar;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Novi Patihatun Najah
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:06
Last Modified: 29 Jul 2019 04:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22323

Actions (login required)

View Item View Item