Maulida, Irma (2016) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composiotion (CIRC) terhadap keterampilan berargumentasi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
Abstract
penelitian berawal dari observasi pendahuluan di SMAN 1 Taraju, diketahui bahwa pembelajaran biologi cenderung masih didominasi oleh aktifitas guru dibandingkan dengan aktifitas siswa, sehingga pembelajaran biologi khususnya pada kemampuan berargumentasi masih rendah. Salah satu solusi adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, menganalisis pengaruh dan respon siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap keterampilan berargumentasi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest Posttest group design. Penelitian dilaksanakan dikelas X SMAN 1 Taraju. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, tes, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berargumentasi siswa pada kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC rata-rata N-Gain 0,66, sedangkan kelas tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC rata-rata N-Gain 0,54. Berdasarkan uji Mann Whitney ternyata p = 0,00007 < α 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil observasi kelas menggunakan model CIRC dengan aktivitas guru rata-rata 98% dan aktivitas siswa rata-rata 92%. Adapun respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe CIRC sebanyak 78,27%. Jadi kesimpulan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berpengaruh positif terhadap keterampilan berargumentasi siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative integrated reading; model pembelajaran; pencemaran lingkungan; pendidikan; sekolah |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Environmental Protection Engineering |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 02:45 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 06:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22366 |
Actions (login required)
View Item |