Pengaruh Account Receivable Turnover dan Inventory Turnover terhadap Net Working Capital pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. United Tractors, tbk periode 2008-2017

Pratiwi, Evi (2019) Pengaruh Account Receivable Turnover dan Inventory Turnover terhadap Net Working Capital pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. United Tractors, tbk periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Modal kerja bersih menggambarkan kelebihan nilai aktiva yang dimiliki perusahaan terhadap seluruh utang-utangnya. Tujuan dari net working capital adalah mengelola masing-masing komponen aktiva lancar dan utang lancar, sehingga tidak mengalami kelebihan dan kekurangan working capital. Oleh karena itu diperlukan analisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi modal kerja itu sendiri agar modal kerja tersedia dalam jumlah yang cukup. Permasalahan timbul ketika tingkat perputaran yang dihasilkan tinggi, tetapi jumlah modal yang dihasilkan rendah ataupun sebalikya, seperti terjadi di PT. United Tractors, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh Account Receivable Turnover dan Inventory Turnover terhadap Net Working Capital secara parsial dan simultan di PT. United Tractors, Tbk Periode 2008-2017. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Account Receivable Turnover, Inventory Turnover, dan Net Working Capital. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. United Tractors, Tbk periode tahun 2008-2017. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 20.0 dan microsoft excel 2007 sebagai penunjang pengolahan data awal. Berdasarkan Hasil penelitian ini membuktikan secara parsial Account Receivable Turnover berpengaruh signifikan terhadap Net Working Capital di PT. United Tractors, Tbk dengan korelasi kuat yaitu 0,640 dan arah hubungan yang positif, Kd sebesar 0,409 atau 40,9%, nilai thitung > ttabel (2,353 > 1,859), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Secara parsial Inventory Turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Working Capital di PT. United Tractors, Tbk dengan korelasi lemah yaitu 0,380 dan arah hubungan yang positif, Kd sebesar 0,144 atau 14,4%, nilai thitung < ttabel (1,162 < 1,859), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Secara simultan Account Receivable Turnover dan Inventory Turnover berpengaruh signifikan terhadap Net Working Capital di PT. United Tractors, Tbk dengan korelasi kuat yaitu 0,713 dan arah hubungan yang positif, Kd sebesar 0,509 atau 50,9%, nilai Fhitung dan Ftabel yaitu 3,629 > 3,26, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Account Receivable Turnover; Inventory Turnover; Net Working Capital
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Evi Pratiwi
Date Deposited: 01 Aug 2019 00:56
Last Modified: 01 Aug 2019 00:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22380

Actions (login required)

View Item View Item