Manajemen pembiayaan pendidikan dan dampaknya terhadap mutu pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Multiteknik Asih Putera Kota Cimahi Jawa Barat

Basith, Ahmad Fauzy Abdul (2017) Manajemen pembiayaan pendidikan dan dampaknya terhadap mutu pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Multiteknik Asih Putera Kota Cimahi Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu komponen masukan instrumental yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Hampir tak ada upaya pendidikan yang dapat mengabaikan peranan biaya, sehingga dapat dikatakan tanpa biaya proses pendidikan tidak akan berjalan. Secara umum pembiayaan pendidikan adalah sebuah kompleksitas, yang di dalamnya akan terdapat saling keterkaitan pada setiap komponennya, yang memiliki rentang yang bersifat mikro (satuan pendidikan) hingga yang makro (nasional). Sumber-sumber pembiayaan pendidikan meliputi sistem dan mekanisme pengalokasiannya, efektivitas dan efisiensi dalam penggunaanya, akuntabilitas hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) program apa saja yang direncanakan dalam kegiatan pembiayaan pendidikan, 2) pengorganisasian pembiayaan pendidikan, 3) pelaksanaan pembiayaan pendidikan, 4) pengawasan pembiayaan pendidikan, 5) mutu pendidikan, 6) dampak pembiayaan pendidikan terhadap mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Multiteknik Asih Putera. Pendekatan penelitian ini menggunakan Mixed methods yakni penelitian yang mengkombinasikan antara kualitatif dan kuantitatif, dengan model concurrent embedded. Responden penelitian adalah semua guru MA Multiteknik Asih Putera sebanyak 20 orang. Pengumpulan data kualitatif menggunakan wawancara, sedangkan pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket. Penelitian ini menghasilkan: 1) Program-program yang direncanakan dalam kegiatan pembiayaan pendidikan yaitu, Pengembangan Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses Kegiatan pengelolaan proses pembelajaran, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar pembiayaan, implementasi sistem penilaian, Penyelenggaraan Kegiatan Uji Kompetensi. 2) Pengorganisasian pembiayaan Kepala madrasah sebagai penanggungjawab atas pelaksanaan pembiayaan pendidikan yang berada di bawah kendali yayasan, selanjutnya penyebaran dan pelaksanaannya menjadi tanggung jawab bendahara dan penanggung jawab kegiatan atau program. 3) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan di Madrasah Aliyah Multiteknik Asih Putera sudah berjalan sesuai dengan prosedur atau standarisasi yang berlaku yaitu mengacu pada RAPBS. 4) Pengawasan pembiayaan pendidikan di Madrasah Aliyah Multiteknik Asih Putera dilakukan oleh pihak internal yaitu kepala sekolah dan pihak yayasan mulai dari pendapatan sampai pengeluaran keuangan. 5) standar mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Mutiteknik Asih Putra dipenuhi dan dijalankan dengan baik. MA Asih Putra berkomitmen untuk menjungjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai seperti etika dan moral, kerjasama dan kebersamaan, profesionalisme, koodinasi, intergasi dan singkronisasi demi terus meningkatkan Mutu pendidikan yang lebih baik lagi. 6) terdapat dampak atau pengaruh positif manajemen pembiayaan pendidikan terhadap mtu pendidikan sebesar 18,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembiayaan Pendidikan; Dampak Mutu Pendidikan
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:37
Last Modified: 17 Jan 2022 04:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22437

Actions (login required)

View Item View Item