Efektivitas peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor 1 tahun 2016 tentang prosedur Mediasi dalam perkara penceraian di Pengadilan Agama Cianjur tahun 2016-2017

Yuliani, Lilis (2019) Efektivitas peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor 1 tahun 2016 tentang prosedur Mediasi dalam perkara penceraian di Pengadilan Agama Cianjur tahun 2016-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Mediasi secara normatif berdasakan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 tentang prosedur mediasi bahwa mediasi yaitu proses penyelesaian sengketa melalui proses perundingan atau mufakat para pihak dengan dibantu oleh mediator yang tidak memiliki kewenangan memutus atau memaksakan sebuah penyelesaian. Harusnya dengan adanya mediasi di Pengadilan Agama maka penyelesaian sengketa lebih kearah menyatukan kembali kedua belah yang bertikai mediasi ini dilakukan diseluruh Indonesia termasuk Pengadilan Agama Cianjur. data perkara Pengadilan Cianjur pada tahun 2016 berjumlah 4169 perkara dengan keberhasilan mediasi 35 dan tahun 2017 berjumlah 5296 perkara dengan keberhasilan mediasi 16 penurunan dari tahun ke tahun ini semat - mata bahwa mediasi belum efektif secara maksimal di pengadilan Agama Cianjur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses mediasi dalam perkara penceraian di Pengadilan Agama Cianjur, tingkat keberhasilan mediasi di Pengadilan Agama Cianjur, dan faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam keberhasilan mediasi di Pengadilan Cianjur. Proses mediasi ini diharapkan mampu mendamaikan sengketa atau memperbaiki hubungan antara pihak yang akan bercerai dalam menciptakan rumah tangga yang utuh. keberadaan mediator memperbaiki hubungan suami istri dan melanggengkan suatu hubungan dalam ikatan yang sah, tahapan atau prosedur mediasi dibagi menjadi dua tahapan, antara lain pra-mediasi dan proses mediasi telah diterapkan sepenuhnya di Peraturan Mahkamah Agung nomor 1 tahun 2016 tentang prosedur mediasi. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. kemudian pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu sumber data yang didapatkan memalui sumber data primer dan sekunder untuk menemukan hasil dari penelitian. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses mediasi dalam perkara penceraian di Pengadilan Agama sangat berpengaruh terhadap keberhasilan mediasi. pada dasarnya proses mediasi di Pengadilan Agama Cianjur berawal dari perselisihan rumah tangga hingga dilakukanya proses mediasi dengan waktu 30 hari tetapi dalam waktu yang diberikan hanya 1 atau 2 kali dilakukan mediasi di Pengadilan Cianjur selebih waktu yang tersisa di rumah, kemudian tingkat keberhasilan mediasi di Pengadilan Agama Cianjur setelah adanya Peraturan Mahkamah Agung nomor 1 tahun 2016 tentang proses mediasi sangat menurun dilihat dari masalah rumah tangga yang fatal hanya 10%, dan faktor penghambat dan pendukung keberhasilan mediasi di Pengadilan Agama Cianjur karena keterbatasanya mediator, kualitas mediator yang bersertifikat, rumah tangga tidak kuat hingga faktor pendukungnya sedikit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2016 tentang prosedur mediasi; Efektifitas; dan Mediasi
Subjects: Specific Field of Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: lilis lilis yuliani
Date Deposited: 02 Aug 2019 09:18
Last Modified: 02 Aug 2019 09:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22515

Actions (login required)

View Item View Item