Astuty, Wiji (2019) Analisis dimensi Kognitif siswa pada soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) berdasarkan kemampuan pemecahan masalah Matematika. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi dimensi kognitif menurut tingkatan kemampuan berpikir Siswa pada soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika, Selain itu, untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah masalah matematika Siswa di Sekolah, dilakukan penelitian terhadap Siswa kelas VIII pada dua sekolah, yaitu SMPN 8 Bandung dan SMP Lab School Percontohan UPI Cibiru, serta hambatan dan kesulitan Siswa dalam menghadapi soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang diperoleh berasal dari instrumen tes yaitu berupa tes soal kemampuan pemecahan masalah dan nontes yang berupa kuiesioner hambatan dan kesulitan Siswa dalam menghadapi soal kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (a) Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika yang sudah mengandung dua tingkat kemampuan berpikir (MOTS dan HOTS) dan tiga tingkatan kemampuan dimensi kognitif (C3, C4 dan C5), selain itu pada Soal Olimpiade sains Nasional (OSN) Matematika mengandung materi pada pada tiga tingkatan kelas SMP/MTs sederajat, yaitu materi matematika kelas VII, VIII dan IX. Hal ini menunjukkan tercapainya tujuan pembelajaran kurikulum 2013 yaitu tingkat kemapuan berpikir HOTS; (b) Kemampuan yang dimiliki oleh Siswa dalam mengerjakan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika berdasarkan pemecahan masalah di Sekolah tempat penelitian masih dibawah standar dan perlu adanya upaya untuk ditingkatkan lagi; (c) Hambatan dan kesulitan yang dialami oleh Siswa dalam mengerjakan soal Olimpade Sains Nasional (OSN) Matematika berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu dikarenakan Siswa tidak memahami konsep materi pelajaran, lupa rumus, kurang berlatih soal-soal nonrutin dan kurang persiapan dalam mengerjakan soal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika; Dimensi kognitif dengan tingkat kemampuan berpikir; Pemecahan masalah matematika. |
Subjects: | Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Wiji Astuty |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 07:22 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 07:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22580 |
Actions (login required)
View Item |