Rukoyah, Siti Ooy (2016) Pengaruh model pembelajaran Hands On Activity terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan proses sains yang seharusnya dapat dikembangkan. Untuk hal tersebut model pembelajaran Hands On Activity dijadikan alternatif pemecahan masalah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hands On Activity terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa terhadap model pembelajaran Hands On Activity. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive dan dipilihlah kelas X MIA 1 sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Hands On Activity dan kelas X MIA 2 sebagai kelas yang menggunakan pendekatan saintifik (5M). Pengumpulan data menggunakan test uraian dan data penunjang berupa lembar observasi, angket dan soal penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa pada konsep ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran Hands On Activity 78,50 (sangat baik) dengan N-Gain 0,64 (sedang). Sedangkan keterampilan proses sains siswa pada konsep ekosistem tanpa menggunakan model pembelajaran Hands On Activity 70,00 (baik) dengan N-Gain 0,56 (sedang). Aktivitas pembelajaran yang baik serta tanggapan positif memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa. Rata-rata respon siswa kelas eksperimen 4,02 (tinggi) dan kelas kontrol 3,94 (tinggi). Sedangkan untuk penguasaan konsep siswa kelas eksperimen 80,48 (sangat baik) dan kelas kontrol 78,57 (baik). Berdasarkan perhitungan Thitung (2,67) < Ttabel (2). Sehingga H0 “ditolak” dan Ha “diterima”, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Hands On Activity terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Hands On Activity berpenggauh positif dan signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hand on activities; biologi; ekosistem; pendidikan biologi |
Subjects: | Biology > Data Processing and Analysis of Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 07:29 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 01:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22594 |
Actions (login required)
View Item |