Pengaruh Current Ratio (CR) dan Return On Assets (ROA) Terhadap Earning Per Share pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) : Studi pada PT. Wijaya Karya Tbk. periode 2008-2017

Alfani, Nasrudin Rois (2019) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Return On Assets (ROA) Terhadap Earning Per Share pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) : Studi pada PT. Wijaya Karya Tbk. periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy

Abstract

Faktor yang menjadi pertimbangan investor memutuskan investasi melihat seberapa besar perusahaan mampu menghasilkan laba per lembar saham melalui nilai rasio Earning Per Share (EPS). Earning Per Share (EPS) adalah lembar bersih yang siap dibagikan kepada pemegang saham dibagi dengan jumlah lembar saham perusahaan. Variabel yang mempengaruhi Earning Per Share salah satunya yaitu Current Ratio, Current Ratio (CR) adalah rasio likuiditas yang menunjukan kemampuan untuk membayar kewajiban finansial jangka pendek tepat pada waktunya. Sedangkan Return On Assets adalah ukuran yang menunjukan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan semua aktiva yang dimiliki oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Earning Per Share; 2) Pengaruh Return On Assets secara parsial terhadap Earning Per Share; 3) Pengaruh Current Ratio dan Return On Assets secara simultan terhadap Earning Per Share pada PT. Wijaya Karya Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang meliputi analisis asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda, analisis koefisien determinasi dan berganda, analisis uji hipotesis uji t dan uji f. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows version 25.0 Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Wijaya Karya Tbk. Berdasarkan hasil penelitian. Peneliti memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Current ratio di PT. Wijaya Karya Tbk secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Earning Per Share dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,1%, maka H0 diterima dan Ha ditolak. 2) Return On Assets di PT. Wijaya Karya Tbk secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Earning Per Share dengan koefisien determinasi sebesar 10,4%, maka H0 diterima dan Ha ditolak. 3) Secara simultan, Current Ratio dan Return On Assets di PT. Wijaya Karya Tbk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Earning Per Share dengan nilai koefisien determinasi sebesar 12,7 maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio;Return On Assets; Earning Per Share
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Nasrudin Rois Alfani
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:02
Last Modified: 06 Aug 2019 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22599

Actions (login required)

View Item View Item