Priatin, Ayu Firdaningrum (2019) Bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa asing: Penelitian di Asrama Baitul RT 02 RW 09 Lughah Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak terlepas dari pemakaian bahasa. Bahasa merupakan alat komunikasi yang dipakai untuk berbicara dan memahami orang lain agar mengerti apa yang disampaikan orang lain. Bahasa menjadi alat utama dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa bersifat dinamis dan selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. bahasa menjadikan alat yang perlu dikuasai terutama bahasa asing yaitu bahasa Inggris adalah modal yang harus menjadi kemampuan dasar bagi setiap orang. Maka untuk mempersiapkan sumber daya manusia ditingkat global asrama baitul lughah mempunyai program belajar bahasa asing yang menggunakan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tujuan dari bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris. (2) untuk mengetahui fungsi dari bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris. (3) untuk mengetahui tahapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara kepada pembimbing dan kepada mahasiswa di asrama baitul lughah. Penelitian ini menggunakan teori Prayitno (2004) bahwa bimbingan kelompok adalah bantuan untuk peserta didik perorangan ataupun kelompok agar bisa menjadi mandiri dalam berbagai kegiatan pendukung norma yang berlaku. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa (1)Tujuan dari bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi bahasa Inggris mengalami peningkatan motivasi yang tinggi dan terbukanya pemikiran yang global. (2) Fungsi bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris adanya pemahaman yang mendalam tentang bahasa Inggris dan pengembangan intelegensi.(3) tahapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris mempunyai 4 tahapan yaitu tahapa pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan kelompok; Diskusi; Motivasi belajar; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | ayu firdaningrum priatin |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 03:04 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 03:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22608 |
Actions (login required)
View Item |