Manajemen rekrutmen peserta didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung

Deniyati, Nia (2016) Manajemen rekrutmen peserta didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Penerimaan peserta didik baru merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh madrasah untuk menentukan kualitas dari input calon peserta didik yang sesuai dengan kriteria yang dilakukan oleh madrasah tersebut. Dalam proses penyeleleksian peserta didik, diperoleh hasil bahwa test seleksi peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung merupakan suatu hal yang baru dilakukan setahun kebelakang. Hal ini dikarenakan keadaan sarana prasarana khususnya asrama dan kelas yang belum memadai untuk penerimaan peserta didik baru yang lebih banyak. Adapun untuk informasi penerimaan peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung, masyarakat lebih mengutamakan kepercayaan terhadap lulusan/alumni dan kepercayaan kepada ketua yayaan Asy-Syahidiyyah. Adapun tujuan masalah: (1) Latar alamiah Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung, (2) Penyusunan program kegiatan rekrutmen peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung, (3) Pelaksanaan rekrutmen peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung, (4) Penunjang dan faktor penghambat rekrutmen peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung, (5) Hasil rekrutmen peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, metode ini mendeskripsikan Manajemen Rekrutmen Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung. Data yang diperoleh berupa data hasil observasi, wawancara, dan studi dokumen. Untuk menganalisis data yang akan dikumpulkan penulis, akan dilakukan dengan cara unitisasi data, kategorisasi data, dan penafsiran data. Adapun uji abash data dilakukan dengan memperpanjang keikutsertaan, ketekunan dalam keikutsertaan, ketekunan dalam melakukan pengamatan, mengadakan triangulasi, pengecekan teman sejawat, kecukupan referensi, studi kasus, pengecekan anggota, uraian rinci, auditing untuk kriteria kebergantungan, dan auditing untuk kriteria kepastian. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung mempunyai perencanaan yang matang dengan membentuk Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk membuat perencanaan mengenai analisis kebutuhan peserta didik baru. Adapun pelaksanaan Manajemen Rekrutmen Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung terdiri dari: Pembentukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Rapat Panitia, Pengumuman Pendaftaran, Pendaftaran, Pengumuman Hasil test, Pendaftaran Ulang dan Penempatan Peserta Didik. Hasil pelaksanaan rekrutmen peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Kabupaten Bandung cukup memuaskan terbukti dengan adanya kepercayaan dan dukungan dari masyarakat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen; rekrutmen; peserta didik; sekolah; MA; madrasah aliyah
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:19
Last Modified: 25 Aug 2020 01:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22620

Actions (login required)

View Item View Item