Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan : penelitian di Kelas X SMA Negeri Cimanggung Kab. Sumedang

Yulianti, Lia (2016) Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan : penelitian di Kelas X SMA Negeri Cimanggung Kab. Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan, banyak siswa yang kurang aktif dalam mengemukakan pendapat. Maka dari itu diperlukan metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya, hasil belajar siswa kelas menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dan kelas tanpa menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya, menganalisis pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Penelitian dilakukan di kelas X SMAN Cimanggung kabupaten Sumedang. Teknik penarikan sampel menggunakan cluster sampling, kelas X-7 sebagai kelas menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya, sedangkan kelas X-6 sebagai kelas tanpa menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dengan jumlah siswa sebanyak 72 siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa kelas menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya rata-rata pretest 42,84 dan rata-rata posttest 72,03. Data diuji hipotesis dengan menggunakan uji t, berdasarkan hasil analisis dari kedua kelas hasil perhitungan diketahui, thitung 2,43 dan ttabel 1,99. Jadi, dapat disimpulkan bahwa thitung 2,43 > ttabel 1,99. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh positif hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; tutor sebaya; pencemaran lingkungan; biologi; pendidikan
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:39
Last Modified: 05 Feb 2020 00:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22635

Actions (login required)

View Item View Item